Tomohon

Wujudkan Good Governance Dan Clean Government, Wali Kota Senduk Teken Perjanjian Kinerja Bersama Para Pejabat Perangkat Daerah

Tomohon, SULUTNEWSTV.COM – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menghadiri kegiatan Penandatanganan Penetapan Perjanjian Kinerja Organisasi di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon yang digelar di Taman Wisata Alam Tomohon, Kamis (25/3/21).

Penandatanganan ini dimulai dari Walikota Tomohon yang menandatangani penetapan perjanjian kinerja dilanjutkan penandatanganan perjanjian kinerja oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si. dilanjutkan oleh Para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, dan Camat.

Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini memiliki peran yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan di kota tomohon.

“Visi kami dalam menjalankan pemerintahan adalah “tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera”, dan dalam hubungannya dengan misi yang akan kita wujudkan bersama-sama diantaranya pada misi kelima yaitu “mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas,” jelas Senduk.

Maka pelayanan sesuai visi ini akan kita wujud nyatakan apabila para pejabat di jajaran pemerintah kota tomohon berkomitmen dan menandatangani penetapan perjanjian kinerja organisasi, serta bekerja dengan totalitas dan loyalitas yang tinggi sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku “, ucap Wali Kota.

Untuk itu, Pemerintah kota tomohon tidak akan berhenti pada paradigma pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance and clean government), tetapi melalui komitmen bersama guna mewujudkan smart government yaitu pemerintah yang cerdas melayani dan mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya bersama dengan Wakil Wali kota Tomohon bapak Wenny Lumentut, S.E., kami menetapkan tahun pertama kepemimpinan sebagai tahun kerja, ini berarti kita semua secara solid berjuang bersama meningkatkan kerja dan karya dalam rangka menghadirkan pemerintah yang totalitas melayani untuk masyarakat,” ucapnya.

Dilanjutkannya, penandatanganan penetapan perjanjian kinerja organisasi adalah dokumen yang berisikan penugasan dari wali kota tomohon kepada sekretaris daerah kota tomohon dan kepala perangkat daerah sebagai pengguna anggaran dan diikuti oleh sekretaris daerah kota tomohon dengan para kepala bagian sekretariat daerah kota tomohon selaku kuasa pengguna anggaran untuk melaksanakan program, kegiatan dan sub kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja yang smart yaitu specific (kekhususan), measurable (terukur), achievable (tercapai), relevant (relevan), dan time-bound goals (tepat waktu).

Dikesempatan itu, Wali Kota mengajak semua pihak untuk berorientasi pada hasil, mempunyai dampak positif dan memilimi nilai ekonomis bagi masyarakat.

” Karena itu saya mengajak kita semua untuk bekerja berorientasi pada hasil (outcome), mempunyai dampak positif (positive impact) dan nilai ekonomis bagi masyarakat kota tomohon (benefit). Kami menyadari bahwa kita masih dalam perjuangan melawan pandemi covid-19 yang memiliki dampak luas dan mempengaruhi aktivitas pemerintahan di kota tomohon. guna menindaklanjuti akibat dari pandemi ini pemerintah kota tomohon telah melakukan refocusing dan realokasi anggaran untuk penanggulangan dan pencegahan covid-19 “, tukasnya.

Seperti diketahui, hal ini tentunya berdampak pada penyesuaian dan pengurangan anggaran pada beberapa sub kegiatan, namun pemerintah berharap sekalipun terdapat penyesuaian dan pengurangan anggaran tetapi outcome, impact dan benefit dari program dan kegiatan akan tetap tercapai. Hal ini selaras dengan essensi dari kinerja yakni memaksimalkan sumber daya manusia yang tersedia dan mengefisiensikan penggunaan anggaran untuk mencapai kinerja perangkat daerah yang optimal.

Setelah penandatangan penetapan perjanjian kinerja organisasi ini, Wali Kota mengharapkan adanya penandatanganan dengan para pejabat perangkat Daerah.

“Saya berharap, setelah ini akan dilanjutkan dengan penandatanganan penetapan perjanjian kinerja organisasi secara internal antara kepala perangkat daerah dengan pejabat esselon III dan esselon IV di perangkat daerah masing-masing, khusus kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan daerah melakukan penandatanganan perjanjian kinerja sampai dengan para kepala sekolah dan kepala dinas kesehatan daerah melakukan penandatanganan perjanjian kinerja sampai dengan para kepala pusat kesehatan masyarakat dan direktur RSUD anugerah tomohon”, tutup Wali kota. (Novita/CT)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s