Tomohon

Caroll Senduk Sampaikan LKPJ Kepala Daerah TA 2020 Dalam Rapat Paripurna DPRD Tomohon

TOMOHON – SUKUTNEWSTV.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon menggelar Rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Tahun Anggaran 2020 yang dihadiri Wali Kota Tomohon Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE, bertempat di Ruang Sidang Kantor DPRD, Rabu (31/3/21).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE didampingi wakil ketua Erens Kereh AMKL dan Drs Johny Runtuwene. Hadir Anggota DPRD Kota Tomohon, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, AP, MSi serta para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Mengawali laporan tentang LKPJ Walikota tahun 2020, Wali Kota memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada selurah anggota DPRD atas sinergitas yang terjalin selama ini.

“Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat, atas sinergitas yang sangat baik selama ini sehingga diberi waktu dan kesempatan untuk menyampaikan laporan keterangan pertanggung jawaban Wali kota. LKPJ Wali kota Tomohon tahun anggaran 2020, memberi gambaran terhadap kinerja pembangunan sekaligus menjadi kegiatan evalĺnengah daerah Kota Tomohon tahun 2016-2021. Secara substantif, ruang lingkup LKPJ Walikota Tomohon tahun anggaran 2020 hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan hasil pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan,patut kami akui, bahwa kemajuan pembangunan di Kota Tomohon ini merupakan hasil sinergitas yang baik, antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat Kota Tomohon”. Ucap Wali Kota.

Beliau melanjutkan, terlihat dari beberapa indikator makro ekonomi Kota Tomohon yang dapat kami gambarkan sebagai berikut, dimana persentase penduduk miskin Kota Tomohon tahun 2020 mencapai 5,60 % dari tahun 2019 sebesar 5,62 % mengalami penurunan. Hal ini juga menunjukkan bahwa melalui program dan kegiatan yang nyata dari pemerintah Kota Tomohon berpengaruh cukup signifikan pada penurunan angka kemiskinan. Ini mengindikasikan juga bahwa pemerintah Kota Tomohon tetap berupaya untuk menekan pertambahan penduduk miskin dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang terus di laksanakan secara berkesinambungan.

“Selanjutnya, seperti yang kita pahami bersama bahwa keberhasilan suatu pembangunan juga tidak lepas dari faktor pembangunan manusia, yang dapat kita lihat melalui indikator IPM (indeks pembangunan manusia) atau human development index. Dimana IPM ini dapat mengukur tingkat pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan serta ekonomi. Sehingga perkembangan indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Tomohon telah menunjukkan tren yang positif, yaitu pada tahun 2019 berada pada angka 76,67 dan pada tahun 2020 naik menjadi 76,69.”terangnya.

Adapun pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah diarahkan untuk peningkatan kapasitas daerah serta upaya untuk mendorong pendapatan asli daerah dalam rangka efektifitas pembangunan. Secara garis besar komponen APBD terdiri dari 3 aspek yaitu pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan. Pengelolaan keuangan daerah Kota Tomohon telah dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yakni taat pada peraturan perundang-undangan, tertib, efisien, efektif, ekonomis, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.

Dari aspek pengelolaan keuangan daerah, baik dari sisi pendapatan maupun belanja daerah, perlu disampaikan bahwa target anggaran dan realisasi pendapatan daerah tahun 2020 sebesar Rp. 667.630.201.368,00 (enam ratus enam puluh tujuh milyar enam ratus tiga puluh juta dua ratus satu ribu tiga ratus enam puluh delapan rupiah) dari pendapatan total anggaran sebesar Rp. 689.442.384.625 (enam ratus delapan puluh sembilan milyar empat ratus empat puluh dua juta tiga ratus delapan puluh empat enam ratus dua puluh lima rupiah) dengan persentase realisasi pendapatan sebesar 96.84%. Realisasi pendapatan terdiri atas pendapatan asli daerah sebesar Rp. 37.076.155.678,00 (tiga puluh tujuh milyartujuh puluh enam juta seratus lima puluh lima ribu enam ratus tujuh puluh delapan rupiah) dari anggaran PAD sebesar Rp. 54.163.740.488,00 (lima puluh empat milyar seratus enam puluh tiga juta tujuh ratus empat puluh ribu empat ratus delapan puluh delapan rupiah). Dengan kata lain, realisasi pad hanya sebesar 68,45%.
Realisasi pendapatan yang bersumber dari pendapatan transfer sebesar 99,61 % atau sebesar Rp. 624.627.661.473,00 (enam ratus dua puluh empat milyar enam ratus dua puluh tujuh juta enam ratus enam puluh satu ribu empat ratus tujuh puluh tiga rupiah) dari total Rp. 627.081.894.137,00 (enam ratus dua puluh tujuh milyar delapan puluh satu juta delapan ratus sembilan puluh empat ribu seratus tiga puluh tujuh rupiah).
Lain-lain pendapatan yang sah yang merupakan komponen dari pendapatan pada tahun 2020 tereallisasi sebesar 72,30% dengan total realisasi sebesar Rp. 5.926.384.217,00 (lima milyar sembilan ratus dua puluh enam juta tiga ratus delapan puluh empat ribu dua ratus tujuh belas rupiah).
Sedangkan dari sisi belanja daerah, dengan target anggaran dan realisasi tahun anggaran 2020, sebagai berikut: total belanja daerah dengan target sebesar Rp. 697.854.390.648,00,- (enam ratus sembilan puluh tujuh milyar delapan ratus lima puluh empat juta tiga ratus sembilan puluh ribu enam ratus empat puluh delapan rupiah) dan realisasi sebesar Rp. 657.722.536.985,00,- (enam ratus lima puluh tujuh milyar tujuh ratus dua puluh dua juta lima ratus tiga puluh enam ribu sembilan ratus delapan puluh lima rupiah) atau dengan persentase sebesar 94,25%.

Maka, pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari BPK-RI selama 7 tahun berturut-turut menjadi bukti nyata bagi kita bahwa pengelolaan keuangan kita dalam koridor yang benar dan akuntabel. Pemerintah Kota Tomohon juga optimis pencapaian opini WTP ke 8 untuk pengelolaan APBD tahun 2020 di tahun ini kita akan capai berkat kinerja pemerintah dan di dukung sepenuhnya oleh masyarakat.

Untuk itu, sbagai bentuk konsistensi dan komitmen kuat kita bersama serta pengimplementasian checks and balances system antara eksekutif dan legislatif dalam mengelola keuangan daerah secara on the track serta berdasar pada asas dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga bermuara pada perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintah yang bersih (good governance and clean government).

Adapun beberapa keberhasilan telah dicapai bersama pada tahun yang lalu, untuk itu, pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh pemerintah kota tomohon, antara lain :

  1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah dari BPK-RI penghargaan pengelolaan keuangan terbaik dari kementerian Keuangan RI;
  2. Penghargaan berprestasi membina program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dari Gubernur Sulawesi Utara;
  3. Penghargaan kapabilitas APIP level 3 dari BPKP Perwakilan Prov. Sulawesi Utara;
  4. Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI untuk Kelurahan Taratara Dua dalam upaya untuk merubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM.
  5. Penghargaan dari Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI menganugerahkan tanda penghargaan Natural Leader Terbaik Kabupaten/Kota, dalam upaya untuk merubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM tahun 2020
  6. Penghargaan dari Menteri Kesehatan RI kepada Kota Tomohon untuk sanitasi total berbasis masyarakat berkelanjutan sebagai Kota stop BABS/ODP dalam upaya memobilisasi masyarakat untuk terlihat dalam penyediaan layanan sanitasi berkelanjutan berbasis masyarakat
  7. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon menerima penghargaan Wale Pendidikan dari LPMP Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020. Penghargaan yang diterima, antara lain : Dinas Pendidikan yang teraktif bekerjasama dengan LPMP, penghargaan sekolah teraktif menjalankan sistem penjaminan mutu internal, dan sekolah pengisian PMP tahun 2020
  8. Siswa Kota Tomohon mewakili Provinsi Sulawesi Utara ketingkat nasional pada kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (fls2n) jenjang SD dan SMP tahun 2020 dan meraih harapan 1 tingkat nasional pada lomba desain poster.
  9. Siswa Kota Tomohon mewakili Provinsi Sulawesi Utara ketingkat nasional dalam Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang SMP tahun 2020.
  10. Siswa Kota Tomohon menjadi utusan Indonesia, dan meraih medali perak dalam olimpiade matematika internasional, south asian mathematical olympiad (SEAMO).
  11. Kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon dengan Institut Agama Kristen Negeri Manado (IAKN).
  12. Program kemitraan penjaminan mutu pendidikan dengan LPMP Sulawesi Utara dengan penandatanganan inisiatif Mapalus Pendidikan Sulut tahun 2020
  13. Siswa Kota Tomohon meraih penghargaan dalam kegiatan festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) tingkat provinsi jenjang SD, kategori Kriya Anyam, kategori pantomin jenjang SMP, juara 1 kategori festival musik traditional dan juara kategori lomba desain poster
  14. Siswa kota tomohon meraih penghargaan dalam kegiatan kompetisi sains nasional (KSN) tingkat provinsi jenjang SD mata pelajaran matematika; mata pelajaran IPA;
    15.Siswa Kota Tomohon meraih penghargaan dalam kegiatan Kompetisi Sains Nasional (Ksn) tingkat nasional jenjang SMP mata pelajaran matematika,
  15. Kota Tomohon terpilih dalam program indonesia teaching fellowship (ITF) yang merupakan kegiatan kerjasama dengan ruang guru yang didukung oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri dan persada capital investama;
  16. Kota Tomohon terpilih sebagai mitra local dalam kegiatan science film festival tahun 2018, 2019 dan 2020 yang dilaksanakan oleh Goethe Institut Jerman;
  17. Program kemitraan sekolah australia-indonesia educational cooperation through bridge school partnerships programme 2020. 2 (dua) sekolah di kota tomohon terpilih dalam program ini.

“Segala bentuk keberhasilan dan prestasi yang telah kita raih bukan semata-mata karena kemampuan dan kehebatan kita sendiri, namun oleh karena peran serta, dukungan, dan kerjasama dari seluruh komponen yang telah bahu-membahu dan bersama-sama dengan pemerintah Kota Tomohon dalam menggapai segala kesuksesan yang ada. Sehingga pada kesempatan yang mulia ini patutlah saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada kita sekalian, sambil tetap kita bergandengan tangan, menjaga totalitas, profesionalitas dan loyalitas kita serta mempertahankan apa yang telah dicapai saat ini bahkan dapat kita tingkatkan lagi pada tahun-tahun selanjutnya”tutup Wali Kota. (Novita/CT)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s