Ekonomi & Bisnis

Diserahkan Gubernur Olly, BRI Tondano Salurkan KUR Untuk Pelaku Usaha UMKM

SULUTNEWSTV.com, MINAHASA – Kantor Cabang BRI Tondano, menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku usaha UMKM di desa Paleloan, Tondano, Sabtu(10/4).

Penyerahan dilakukan oleh Gubernur Olly Dondokambey, SE, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong didampingi Regional CEO BRI Kanwil Manado John Sarjono kepada pelaku usaha disela giat Fun Bike BRI bersama Forkopimda.

Gubernur Olly dalam kesempatan tersebut menyampaikan giat ini merupakan satu kerjasama yang baik, dari sisi TNI/Polri, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Minahasa serta bank BRI.

“Tentunya ini merupakan satu kerjasama yang baik. Dimana lewat ini, masyarakat bisa merasakan kehadiran TNI/Polri, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Mianahasa serta bank BRI untuk membangun Sulut lebih hebat,” ucapnya.

Regional CEO BRI Kanwil Manado John Sarjono menjelaskan, di Sulut potensi perekonomian terlihat sangat besar.

Dirinya melihat, Pemerintah Daerah memiliki banyak program untuk menumbuhkan pusat pertumbuhan bisnis yang baru. Baik dari sektor pertanian dan sektor perikanan.

“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan salah satu peran BRI untuk mendukung program pemerintah daerah menumbuhkan sekaligus meningkatkan perekonomian daerah. Sehingga dibantu forkopimda yang diinisasi oleh pak Danrem, maka pada kesempatan ini kami membantu pelaku usaha dengan menyalurkan KUR. Paling tidak dari sisi permodalan kita tingkatkan kapabilitas nya. Dan ini akan terus bergulir tahun ini hingga tahun 2022 yang akan datang dengan bunga 6 persen,” jelasnya.

John menyebut, KUR yang sudah disalurkan BRI per Maret 2021, sudah mencapai 14 persen atau sebesar Rp246,6 miliar dari alokasi 1,75 T.

“Tentu dilihat dari data yang ada, masih banyak yang mesti kita lakukan. Untuk itulah, kolaborasi ini akan terus kami jaga, bersama-sama Pemda dan Forkopimda kita tumbuhkan perekonomian,” tandasnya.

Terpisah, Pemimpin Cabang BRI Tondano I Gede Mahendra Putra menyebut pada tahun 2020, Kanca BRI Tondano telah menyalurkan KUR sebesar 176.28 Milyar ke 6.623 pelaku UMKM.

Di tahun 2021 ini, Kanca BRI Tondano sendiri s.d 31 Maret 2021 telah menyalurkan KUR sebesar 52.37 Milyar dari alokasi sebesar 381.77 Milyar.

Kanca BRI Tondano dengan wilayah supervisi yang meliputi 4 Kabupaten/Kota, terdapat 16 (enam belas) BRI Unit dengan 57 orang mantri yang mengelola 533 desa/kelurahan.

“Dan kami berupaya mantri BRI dapat mengoptimalkan potensi wilayah dengan berkolaborasi bersama pemerintah setempat guna mensukseskan terwujudnya inklusi keuangan yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan nilai sosial di masyarakat,” ucapnya.

Lanjut katanya, selain memberikan modal usaha melalui KUR, kolaborasi antara mantri BRI dan pemerintah setempat dapat mengembangkan potensi klaster usaha dan melatih anggota klaster agar produk-produk yang dihasilkan lebih bernilai dan mampu bersaing dipasar.

“Hal ini tentunya sejalan dengan Program ‘KlasterKu Keren’ (K3) yang dicanangkan oleh Regional CEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono beberapa waktu lalu yaitu “Ingin menjadikan klaster usaha sebagai pondasi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi UMKM melalui kolaborasi berbagai unsur yang menjunjung tinggi kreatifitas, sehingga terwujud inklusi keuangan yang menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat“,” ujarnya sembari menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah baik Provinsi dan Kabupaten Minahasa, Forkopimda, Bank Indonesia, Otoritas Jasa dan Keuangan serta jajaran atas dukungannya.

Diketahui, acara juga dirangkaikan dengan pelepasan 55 ribu bibit ikan air tawar yang diinisiasi oleh Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, yang dihadiri oleh Bupati Minahasa serta jajarannya.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s