Minahasa

Dengan Tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju, TP PKK Minahasa Gelar Berbagai Lomba

SULUTNEWSTV.com,  MINAHASA – Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-49 tahun 2021, yang mengangkat tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”. Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa menggelar lomba 10 Program PKK, bertempat di Aula Monumen Benteng Moraya Tondano, Kamis (22/4) pagi tadi.

Ketua TP-PKK Minahasa, Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti surat dari Ketua Umum TP-PKK nomor 161/SKR/PKK.PST/III/2021, tertanggal 3 Maret 2021, tentang pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 tahun 2021.

“Lomba ini diikuti oleh TP-PKK dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Minahasa. Dengan jenis-jenis lomba yang diperlombakan diantaranya pidato antar PKK Kecamatan, lomba kuliner, lomba merangkai bunga dan sejumlah lomba lainnya,” ungkapnya.

Dijelaskan Lumanauw, khusus lomba kuliner, menu-menu yang diperlombakan adalah menu ciri khas Minahasa, yang menggunakan bahan non beras. Untuk menu cake, puding, aauk dan jus, dibuat dari rumah. Sedangkan untuk menu kapurung, harus dibuat di lokasi lomba dengan waktu pengolahan selama 30 menit.

“Penilaian lomba cipta menu ini berdasarkan cita rasa, kreatifitas, aroma, penyajian/penampilan, kebersihan dan keragaman kandungan gizi,” terang Lumanauw.

Sementara, Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, dalam sambutan yang disampaikan Asisten III Christian Vicky Tanor SPi MSi mengatakan, Hari kesatuan Gerak PKK ini merupakan salah satu momentum yang sangat penting dan strategis dalam implementasi 10 program PKK.

“Salah satu upaya TP-PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera melalui menciptakan ketahanan pangan keluarga, khususnya pemanfaatan pekarangan rumah untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok,” kata Bupati Roring.

Untuk itu, kata dia, melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan potensi keluarga, termasuk pemanfaatan pekarangan dan kreatifitas dalam mengolah barang bekas tidak terpakai menjadi media tanam yang mampu menghasilkan.

“Ini tentu menjadi tugas mulia TP-PKK untuk terus memotivasi, membimbing, dan membina TP-PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan, beserta para kadernya, sehingga lebih berdayaguna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” sebutnya.

Diharapkan juga, TP-PKK senantiasa bersinergi dengan Pemkab Minahasa, untuk mewujudkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati ROR-RD, yakni “Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera”. Juga dalam kebersamaan yang kuat mewujudkan Sulawesi Utara yang semakin hebat.

Bupati kemudian berpesan agar percepatan dalam melaksanakan capaian 10 program pokok PKK ini, dilaksanakan dengan menjalin kemitraan dengan sejumlah pihak.

“Termasuk pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan, serta instansi vertikal dan sejumlah lembaga kemasyarakatan lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Ny Martina Dondokambey-Lengkong, para pengurus TP-PKK Minahasa, serta seluruh pengurus tingkat lecamatan dan desa/kelurahan. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s