Tomohon

Wali Kota Senduk Buka Bimtek Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembangunan

SULUTNEWSTV.COM, TOMOHON – Wali kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH membuka kegiatan Bimbingn teknis moitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan, sekaligus membawakan materi dalam bimtek tersebut bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Senin (26/4/21).

Dalam materi dan sambutannya Wali kota mengatakan, monitoring merupakan proses dalam pelaksanaan kegiatan yang mengamati perkembangan pelaksanaan rencana, mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul atau akan timbul untuk dapat diambil tindakan sedini mungkin, dan hasil akhirnya adalah pelaporan. evaluasi adalah proses menentukan nilai atau pentingnya suatu kegiatan, kebijakan atau program serta sebuah penilaian yang sub objektif dan sistematik terhadap sebuah intervensi yang direncanakan, sedang berlangsung atau pun yang telah diselesaikan.

Menurut peraturan pemerintah nomor 39 tahun 2006 evaluasi merupakan rangkaian kegiatan membandingkan realisasi masukan (input), keluaran (output) dan hasil (outcome) terhadap rencana dan standar yang telah ditetapkan serta sebagai bahan masukan untuk perencanaan yang akan datang. sedangkan monitoring adalah merupakan kegiatan rutin, sedang berjalan dan internal dipergunakan untuk mengumpulkan informasi terhadap keluaran, hasil dan indikator yang akan dipergunakan untuk mengevaluasi kinerja program.

Berikut penjelasan Wali Kota terkait Output sistem monitoring dan evaluasi. “Output sistem monitoring dan evaluasi adalah kita mendapat informasi tentang kinerja kebijakan, program serta kegiatan pemerintah,” ucapnya.

Adapun informasi tentang hasil-hasil identifikasi yakni, apa yang berfungsi, apa yang tidak berjalan & mengapa demikian serta juga informasi tentang kinerja stakeholder yang ada.

Selanjutnya Monitoring dan evaluasi diperlukan karena mendukung pembuatan kebijakan (khususnya keputusan anggaran) yaitu penyusunan anggaran berbasis kinerja dan perencanaan nasional, serta dapat membantu pemerintah dalam menganalisis pengembangan program dan meningkatkan transparansi, akunbilitas.

Menutup sambutannya, Wali Kota mengucapkan terima kasih dan berikan apresiasi kepada para naransumber dari provinsi Sulut.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para narasumber dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang sudah memenuhi undangan kami walaupun saat ini masih dalam masa pandemi covid-19. kepada saudara-saudara peserta saya berharap agar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi dan profesionalitas dalam menjalankan peran dan fungsinya.
Dan dengan adanya monitoring dan evaluasi pembangunan  maka perangkat daerah harus secara rutin menyediakan informasi kinerja program dan kegiatan pembangunan untuk dapat mengidentifikasi dan mengambil tindakan dalam memperbaiki kekurangan dalam capaian kinerja,” tutup Wali Kota.

Tampak hadir Narasumber mewakili Kepala Biro Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara Drs Jerry Kuhu MAP, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan AP MSi, jajaran pemerintah Kota dan para peserta. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s