Ekonomi & Bisnis

Puluhan Klaster Nelayan di Wori, Terima CSR dari BRI

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Upaya untuk terus mendorong perputaran roda ekonomi di Indonesia, khusus sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), lewat program ‘KlasterKu Keren (K3)’, hari ini, Kamis(29/4) dibuktikan.

Bertempat di Desa Minaesa Kecamatan Wori, Minahasa Utara, sebanyak 70-an nelayan tengah menerima Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Dirangkaikan dengan safari Ramadhan bersama Klaster Nelayan Minaesa, giat dihadiri langsung oleh Senior Executive Vice President (SEVP) Operation BRI Muhammad Syafri Rozi, yang juga menyerahkan secara langsung CSR kepada penerima, yakni klaster nelayan di desa Minaesa Talawaan Bajo.

Bantuan yang diserahkan berupa kotak pendingin (coolbox), peralatan pancing tuna, timbangan dan peralatan lainnya.
Menurut Senior Executive Vice President (SEVP) Operation BRI Muhammad Syafri Rozi, BRI berkomitmen mengembangkan UMKM karena kelompok ini merupakan pendorong utama ekonomi Indonesia.

Kata dia, UMKM di Indonesia itu jumlahnya 98 persen dari total pelaku usaha. Sektor ini berkontribusi 57 persen dari pendapatan negara. Sektor UMKM mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

“Moto kami BRI, adalah memberi makna Indonesia. Dan harapannya, puluhan UMKM ini bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan semaksimal mungkin untuk peningkatan usahanya. Dan kalau saat ini dapat pembiayaan KUR super mikro 10 juta, berikutnya harus naik jadi KUR mikro hingga 50 juta. Itu tandanya usaha berkembang,” jelasnya.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation BRI Muhammad Syafri Rozi (kiri) dan Regional CEO BRI John Sarjono (kanan)

Ditempat yang sama, Regional CEO BRI John Sarjono menambahkan, saat ini di Desa Minaesa sudah ada 70 anggota klaster penangkapan ikan yang kemudian terus dikembangkan oleh BRI.

Disebutkannya pula, ada 22 anggota yang mendapat pembiayaan kredit dari BRI mulai dari Rp5 juta sampai Rp20juta.

“Yang tentunya, ini akan terus dikembangkan. Dan tidak hanya berhenti disini. Agar kemampuan mereka semakin meningkat, selain kami dukung permodalan, kami pun melakukan pendampingan bagi para nelayan. Mulai dari pelatihan penangkapan ikan yang baik dan bagaimana mereka terhubung dengan para pembeli ikan. Semua itu kita bentuk dalam satu pola ekosistem bisnis. Intinya BRI selalu ingin tulus memberi makna,” tambahnya.

Regional CEO BRI John Sarjono

Kata dia, BRI setiap tahun harus melakukan bina lingkungan dan CSR. “Tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat,”tandasnya.

Diketahui, acara dihadiri oleh para wakil pemimpin wilayah BRI Manado, Pemimpin Cabang, Kepala-Kepala Bagian, serta para pegawai BRI.

Selama giat berlangsung, tetap menerapkan protokol kesehatan (prpokes), pantauan sulutnewstv.com, nampak semua yang hadir menggunakan masker.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s