Ekonomi & Bisnis

April, Manado Alami Inflasi 0,96 Persen

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Menurut Data Badan Pusat Statistik, dari 90 kota pantauan indeks harga konsumen (IHK) nasional, 72 kota mengalami inflasi dan 18 kota mengalami deflasi.

Diketahui, Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kotamobagu sebesar 1,31 persen dan terendah di Kota Yogyakarta sebesar 0,01 persen.

Dalam Zoom Meeting, Senin 3 Mei 2021, dikatakan Kepala BPS Sulut Asim Saputra pada bulan April, Kota Manado mengalami inflasi 0,96 persen atau terjadi peningkatan IHK dari 106,59 pada bulan Maret menjadi 107,61 di bulan April 2021.

Dijelaskannya, dari sebelas kelompok pengeluaran, empat kelompok pengeluaran mengalami peningkatan indeks, yaitu terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran, kelompok pakaian dan alas kaki dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya.

Sementara, dua kelompok yang mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok transportasi dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga.

“Kelompok yang tidak mengalami perubahan yaitu kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga, kelompok kesehatan, kelompok infromasi, komunikasi, dan jasa keuangan, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, dan kelompok pendidikan,” jelasnya.

Adapun komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap inflasi di Manado, menurut Asim adalah ikan cakalang, ikan malalugis, ikan deho, ikan tude, ikan oci, bubur, ikan tindarung, ikan tuna, wortel, dan rujak.

“Sementara komoditas yang memberikan andil deflasi terbesar adalah angkutan udara, bawang merah, lemon, sawi putih, emas perhiasan, buncis, sabun detergen, tomat, wafer dan jahe,” sebutnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s