Ekonomi & Bisnis

Bersinergi Dengan Pemda, PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Selama Ramadhan dan Idul Fitri

SULUTNEWSTV.com, MANADO – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo berpartisipasi dalam Apel Kebangsaaan Kebhinekaan yang diadakan oleh Polda Sulawesi Utara dengan melibatkan TNI dan Forkopimda. PLN turut mendukung sinergisme pengendalian covid-19 dan pencegahan teroris serta radikalisme.

“Kita semua harus merasa bertanggung jawab dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap utuh sebagai bangsa yang besar,” pesan Kapolda Sulut, Irjen Pol Nana Sudjana dalam Apel yang dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Utara  Bapak  Olly Dondokambey dilapangan Polda Sulut.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki turut hadir bersama Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) PLN UP3 Manado sebagai peserta apel menyampaikan kehadiran PLN adalah wujud kesiapan PLN UIW Suluttenggo dalam mengemban amanah yaitu menjaga mutu dan keandalan pasokan listrik.

“Kami terus berupaya menjaga kondisi kelistrikan selama Bulan Ramadhan agar tetap dalam kondisi aman sampai dengan perayaan Idul Fitri,” ujarnya.

Dikatakannya, PLN siap mengamankan pasokan listrik selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul  Fitri 1442 H.

“Daya Mampu Pembangkit  Sistem SulutGo (Sulawesi Utara Gorontalo) mencapai 482 MW dengan beban puncak sebesar 393 MW dengan Cadangan Daya 89 MW. Dan untuk Sulawesi Tengah daya mampu pembangkit sebesar 176 MW dengan beban puncak rata-rata yaitu 141 MW. Cadangan Daya 35 MW,” katanya.

Hal itu pun didukung dengan, hadirnya posk-posko siaga yang terdiri dari 158 posko , 2.387 personel, 4 Tim PDKB (Pekerjaan dalam keadaan bertegangan ) berjumlah 26 personel, 68 Unit Gardu Bergerak (UGB), 60 Unit Genset ,115 Mobil operasional,184 unit motor dilengkapi SOP  jaringan, disiapkan suku cadang material distribusi.

“Untuk menjaga keandalan sistim selama bulan Ramadhan dan Hari raya idul Fitri 1442H diwilayah kerja Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara,Sulawesi Tengah dan Gorontalo,” tandasnya.

Bahkan melalui program ‘Ramadhan Peduli’,  dan ‘Ramadhan Berkah’ pelanggan rumah tangga  dan Pelanggan Sosial Khusus Tempat Ibadah  daya  450 VA s/d  7,700VA dapat membeli produk Sertifikat Energi Terbarukan (Renewable Energy Certificate/ REC) sebesar Rp 115.500  penyambungan tambah daya hingga 11,000VA melalui aplikasi PLN Mobile cukup dengan membayar ‘Ramadhan peduli’ pelanggan rumah tangga  Rp. 202.100 dan ‘Ramadhan berkah’ pelanggan sosial khusus rumah Ibadah Rp 150.000.

“Biaya ini jauh lebih rendah dibandingkan harga normal yang sekitar Rp 843 ribu hingga Rp 10,2 juta,” tambahnya.

Kemudahan informasi pelayanan kelistrikan maupun pengaduan gangguan, pelanggan bisa memanfaatkan fitur layanan gangguan di aplikasi layanan kelistrikan PLN Mobile yang dapat diunduh di playstore maupun appstore, menghuhbungi telepon (kode area) 123, website http://www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123 atau Instagram @pln123_official.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a comment