Minahasa

Polres Minahasa Gelar Pasukan Operasi Ketupat Samrat 2021

Minahasa – Operasi Ketupat Samrat 2021 di Wilayah Kepolisian Resort Minahasa mulai berlangsung setelah hari ini, Rabu (05/05) dibuka dengan apel gelar pasukan yang bertempat dilapangan Polres Minahasa.

Operasi Ketupat Samrat 2021 ini dijelaskan Kapolres AKBP Henzly Moningkey,SIK M.Si bertujuan guna memberikan rasa aman bagi warga umat Muslim dalam menjalankan Ibadah Puasa serta menyambut perayaan Idul Fitri

“Tujuan dari kegiatan ini guna untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif, kemudian mencegah penyebaran covid-19, serta pencegahan mudik yang menjadi ketetapan dari pemerintah, dan terjaminnya distribusi bahan pokok serta yang terakhir terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas,” tambah Moningkey.

Dijelaskannya apel yang digelar jajarannya bersama TaNI, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Minahasa khususnya Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) juga Damkar dan Perhubungan maupun PLN guna mengecek kesiapan para pasukannya.

“Apel tadi dihadiri juga oleh TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, Dinas Damkar, kemudian komponen terkait seperti PLN tujuannya mengecek kesiapan perlengkapan personil maupun koordinasinya. Saya lihat hari ini sudah tergelar semua, dengan tergelarnya ini saya berharap selama 12 hari kedepan untuk pengamanan operasi ketupat ini dapat berjalan aman dan lancar,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut kata Moningkey, apel pasukan di masa pandemi Covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana unsur terkait TNI, Pemerintah, dan Mitra Kamtibmas.

“Mengingat masih dalam masa pandemi, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat. Operasi Ketupat 2021 dalam pengamanan Idul Fitri disusun oleh Mabes Polri dan ditindaklanjuti jajaran baik dari perkiraan ancaman, cara bertindak penggelaran personil, sehingga diharapkan dapat diimplementasikan pelaksanaannya, guna memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ucap Moningkey.

Sebagai penunjang operasi Ketupat samrat 2021 ini, bakal disiapkan sejumlah pos jaga di setiap wilayah dengan penempatan beberapa personil gabungan dimana harapannya pelayanan dapat cepat diakses oleh masyarakat, sekaligus dengan hadirnya TNI-Polri serta pemerintah daerah di lapangan dapat memberikan rasa aman untuk masyarakat.

“Untuk personil yang akan diturunkan oleh pihak polres sebanyak 200 anggota akan dibantu juga oleh TNI dan Satpol-PP. Kemudian untuk sasaran pengamanan adalah tempat ibadah, tempat keramaian masyarakat, dan juga tempat wisata yang menjadi sasaran kita. Diharapkan bagi masyarakat agar bisa menjaga keamanan kamtibmas supaya tetap kondusif serta saling menjaga toleransi beragama agar saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa sampai dengan hari raya idul fitri dengan rasa aman, adapun harapan pemerintah bagi masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik cukup di lingkungan sekitar ataupun di rumah masing-masing,” tutup kapolres. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s