Tomohon

Seminar Sejarah Berdirinya Roong Tinoor, Wawali WL : Berdayakan Kearifan Lokal Yang Ada Di Tinoor

Tomohon – Masyarakat Kelurahan Tinoor melaksakan seminar sejarah dan penetapan sejarah hari ulang tahun berdirinya Roong Tinoor,(Roong =Kampung), dan dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE, bertempat di BPU Kelurahan Tinoor dua, senin (24/5/21).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tetengkoren, penyamatan tanda peserta, penandatanganan prasasti, penyerahan simbolis plakat seminar oleh Wakil Walikota.

Adapun Kegiatan ini bertemakan “Seminar sejarah dan berdirinya roong Tinoor”
dengan Sub Tema : Melalui kegiatan seminar sejarah dan berdirinya Roong Tinoor yang kemudian ditetapkan menjadi pedoman, landasan sejarah dan hari ulang tahun berdirinya Roong Tinoor, mari kita tingkatkan kerukunan, kekeluargaan dan persatuan.

Wakil Wali kota dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Tomohon tentu menyambut baik akan dilaksanakan seminar sejarah sekaligus akan menetapkan sejarah ulang tahun berdirinya Roong Tinoor.
Penghargaan kepada semua pihak yang berupaya untuk menggali dan melestarikan nilai-nilai sejarah dalam perjalanan Ro’ong Tinoor untuk diwariskan kepada anak-anak cucu, sehingga mereka paham akan sejarah dan budaya daerah yang harus di lestarikan.

“Mari kita catat semua sejarah dalam catatan sejarah Tinoor, berdayakanlah semua kearifan lokal yang ada di Tinoor sehingga kedepan pembangun dalam berbagai bidang semakin maju, sehingga berdampak positif bagi masyarakat,” ucap WL.

Namun,
sebelumnya Ketua Panitia seminar Stevano Purukan STh dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan adalah mewujudkan aspirasi masyarakat dan harapan masyarakat Tinoor dan HUT berdirinya Tinoor, meningkatkan partisipasi publik terkait sejarah adat dan istiadat Tinoor untuk lebih disempurnakan, menguatkan peran kelembagaan dalam mengelola, memelihara dan melestarikan warisan sejarah, adat, budaya dan seni Roong Tinoor serta
mengesahkan dan menetapkan sejarah dan HUT berdirinya Roong Tinoor secara de jure.

Seminar ini dihadiri beberapa narasumber, yakni

  • Narasumber ahli Dr Ivan Kaunang M Hum,
  • Narasumber penyaji Judie Turambi SH, serta para narasumber tokoh sejarah Roong Tinoor lainnya.

Turut hadir dalam seminar, Wakil ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Kadis Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh S Sos, Lurah Tinoor satu Windy Karundeng SE, Lurah Tinoor dua Jackie Rindengan SPd.
Peserta kegiatan, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pendidikan, dan tokoh perempuan. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s