Manado

AARS ‘Cambuk’ Bapenda, Hingga Mei 2021 Realisasi Pajak Baru 70-an Miliar

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Walikota Manado Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota Manado Richard Sualang (RS) men-‘cambuk’ Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Manado dalam hal Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah dan pendapatan-pendapatan daerah lainnya, dalam rapat Pendapatan, Senin (31/05) di Ruang tolu Pemkot Manado.

Diketahui, Bapenda Kota Manado, mendapatkan target realisasi pajak tahun 2021 sebesar 300 miliar. Namun, pada kenyataannya hingga Mei 2021, Bapenda baru merealisasi pajak sekira 70-an miliar.

Menurut Walikota, realisasi pajak ini terlalu lambat. Sehingga perlu didorong kerja-kerja Bapenda Manado dalam hal pengelolaan pendapatan dan pajak retribusi.

“Update PBB dan Pajak-Pajak lainnya. Termasuk mengejar hutang di-stressing. Kita harus mencapai target dengan waktu 7 Bulan yang ada. Mana yang harus kita lakukan,” tegas Walikota.

Dirinya menyebut, perlu ada kiat-kiat dan upaya agar pendapatan dapat meningkat.

“Harus ada kiat-kiat dan upaya meningkatkan pendapatan. Sebab pembayaran pajak itu dari masyarakat dan akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan infrastruktur yang baik untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya lagi.

Senada, Wakil Walikota dr. Richard Sualang (RS) menyampaikan kinerja dan semangat harus ditingkatkan supaya target-target tercapai.

“Tingkatkan etos kerja. Kelihatan masih banyak yang santai. Harus lebih semangat membangun team work dan mari kita berjalan bersama dalam gerbong atau ‘kapal’ yang sama,” tandas Sualang.

Adapun, dalam rapat dengan Bapenda, Walikota dan Wawali juga membahas beberapa hal berkaitan dengan realisasi pajak. Kendala-kendala yang dihadapi dilapangan serta mendapatkan Peta Potensi Pajak di Kota Manado kembali dibahas.

Dari hasil pembahasan, Pajak Hotel dan Restoran masih menjadi andalan untuk Pajak di Kota Manado. Ada juga beberapa pertanyaan dari dua sejoli AARS, soal beberapa Hotel dan restoran yang belum membayar Pajak dikarenakan ada bulan-bulan tertentu yang belum membayar Pajak.

Bahkan, sempat juga membahas soal PBB serta NJOP baik NJOP Bumi dan NJOP Bangunan termasuk membahas Zona nilai tanah, juga soal BPHTP. Boulevard II, Ringroad dan Perumahan ikut dibahas pengenaan Pajaknya.

Diketahui, rapat dihadiri oleh Sekkot Manado Mickler Lakat, Kaban Bapenda Harke Tulenan beserta unsur pejabat sruktural yang ada di lingkungan Bapenda Kota Manado.(gabby)

Categories: Manado, Pemerintahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s