Ekonomi & Bisnis

Ikan Oci Jadi Penyumbang Inflasi Pada Bulan Mei 2021

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara Asim Saputra menyebut pada bulan Mei tahun 2021, Manado mengalami deflasi sebesar 0,30 persen. Dan mengalami inflasi 0,03 persen yang disumbang oleh ikan oci.

“Kota Manado pada bulan Mei 2021 mengalami deflasi sebesar 0,30 persen, inflasi tahun kalender sebesar 1,45 persen dan inflasi ‘year on year’ sebesar 2,54 persen,” sebut Asim pada zoom meeting dan streaming youtube, Rabu(2/6).

Deflasi Kota Manado pada bulan Mei 2021, disampaikannya disebabkan adanya penurunan indeks terjadi pada kelompok pada kelompok transportasi sebesar 1,29 persen, kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,54 persen dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,05 persen.

“Satu kelompok yang mengalami peningkatan indeks, yaitu kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,33 persen. Kelompok yang tidak mengalami perubahan yaitu kelompok pakaian dan alas kaki, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga, kelompok kesehatan, kelompok infromasi, komunikasi, dan jasa keuangan, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, kelompok pendidikan dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran,” tandasnya.

Diketahui, penyumbang deflasi terbesar adalah ikan cakalang/sisik.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s