Ekonomi & Bisnis

Lewat Program Tumou Tou, Pemkot Manado Lindungi Pekerja Informal

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Pemerintah Kota Manado melindungi 718 pekerja informal yang ada di Kota Manado lewat program Tumou Tou keluarga besar Korpri Kota Manado.

Hal itu ditandai dengan diserahkannya secara simbolis kartu kepesertaan lewat giat Sosialisasi dan Penyerahan secara simbolis Tanda Kepesertaan Bagi Perlindungan Pekerja Rentan, di Swisbell Hotel Manado, Jumat(4/6).

“Jadi ini adalah program Tumou Tou oleh teman-teman Korpri kota Manado yang sudah menyisihkan sedikit dari apa yang mereka dapat untuk pekerja. Saya kira ini sangat baik. Dimana sinergitas untuk melindungi pekerja yang ada di Kota Manado khususnya pekerja informal,” Ucap Wakil Walikota Manado dr Richard H.M Sualang.

Kedepan, dibeberkan Wawali Pemkot Manado juga nantinya akan melindungi pekerja rentan lewat APBD.

“Ini juga sebagai bentuk kepedulian pemkot Manado kepada pekerja rentan. Sehingga Pak Wali dan Saya juga sedang mengatur supaya bisa dimasukkan ke APBD dan sudah juga dibicarakan dengan pihak BPJamsostek Manado,” katanya sembari menambah bagi tenaga harian lepas (THL) dan Kepala Lingkungan yang ada di Kota Manado juga akan mendapat perlindungan dari BPJamsostek.

“Dan apresiasi juga untuk BPJamsostek Manado yang bersinergi dengan pemkot Manado menjadikan manado yang maju dan sejahtera,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku Arief Budiarto juga turut mengapresiasi pemerintah kota Manado yang sudah melindungi pekerja informal yang ada di kota Manado.

“Tentu kami, memberi apresiasi kepada pemkot manado yang sudah menjadi pionir. Dimana, Korpri telah menyisihkan sedikit sedakah dan diberikan kepada pekerja rentan ini,” ungkap Arief.

Sementara itu, Kepala BPJamsostek Mintje Wattu menyampaikan untuk saat ini 718 pekerja informal telah dilindungi.

“Dan nanti secara bertahap akan dilakukan pendataan tenaga kerja informal. Kami juga mengajak ASN untuk kolaborasi dan peduli terhadap tenaga kerja rentan. Kepada pak Walikota Manado dan Wakil walikota terimakasih. Dan kepada anggota korpri yang yang diketuai Sekkot Manado Pak Mickler Lakat untuk menyisihkan pendapatannya bagi para pekerja rentan,” ungkapnya.

Diketahui, pekerja rentan dikota Manado termasuk didalamnya ojek online, pedagang pasar dan lain-lain sebagainya.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s