Pemerintahan

Gubernur Olly Resmikan RSUD ODSK Pemprov Sulut, Ini Arti Penamaannya

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ‘ODSK’ Provinsi Sulut telah resmi beroperasi, hari ini, Rabu(9/6). Beroperasinya RSUD ini ditandai dengan soft opening oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

“Jadi jang salah artikan ini nama rumah sakit. Cuma memang dari kementerian kesehatan so ada aturan, nama rumah sakit bisa lekat dengan daerah. Deng ini ODSK bukang kita dng steven pe nama. Penamaan suatu tempat musti yang so meninggal 5 tahun. Napa torang masih ada hidop-hidop ini. Jadi ODSK itu ‘Optimalisasi Daerah Sehatkan Keluarga’. Inga neh,” terang Olly.

RSUD yang memiliki 13 lantai sekaligus Helipad ini, dikatakannya sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Sulut.

“Bangunannya secara bertahap akan dirampungkan. Karena ada beberapa bangunan yang mangkrak, akan kita hancurkan, dan bangun lagi. Namun RS ini sudah bisa digunakan,” tambahnya.
Dikatakannya pula, saat ini masyarakat Sulut sekitar 80 persen telah dicover BPJS.

“Dengan adanya RS ini, proses pelayanan akan berlangsung dengan baik. Pengalaman kita, RS swasta pengelolaannya baik. Jadi kiranya pengelolaan RSUD kita juga baik,” harapnya sembari menambah RSUD ini dibangun bukan untuk bersaing, namun memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debbie Kalalo mengatakan RSUD ini merupakan RS rujukan bagi pelayanan diantaranya, IGD, Poli Klinik, mata, anak, kebidanan yang dibangun dengan dana sebesar Rp304 miliar berlantai 11 dan memiliki sarana 376 tempat tidur.

“Dan semoga akhir tahun semua bangunan serta fasilitas lainnya bisa lengkap. Agar pelayanan kepada masyarakat dapat optimal sesuai arahan pimpinan,” tambahnya.

Hadir dalam softlaunching, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Sekretaris TP-PKK Sulut dr Devi Kandouw-Tanos MARS, Wakil Walikota Manado dr Richard H.M Sualang, Sekretaris TP-PKK kota Manado dr Merry Sualang-Mawardi, Direktur Utama BSG Refino Pepah, Ketua DPRD kota Manado Aaltje Dondokambey, Dirut RSUD Provinsi Sulut Inggrid Giroth dan tamu lainnya.
Giat berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan.(gabby)

Categories: Pemerintahan, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s