Ekonomi & Bisnis

Sebut Inflasi ‘Pembunuh Berdarah Dingin’, Andrei Angouw Harapkan TPID Eratkan Sinergitas Kendalikan Inflasi di Kota Manado

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Walikota Manado Andrei Angouw mengatakan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kota Manado agar berkonsentrasi mengendalikan inflasi yang ada di Kota Manado. Andrei bilang, Inflasi ibaratnya pembunuh berdarah dingin.

“Inflasi ini ibarat pembunuh berdarah dingin. Kita bisa lihat negara-negara yang pernah mengalami inflasi tinggi. Bahkan kita juga pernah mengalami itu. Inflasi juga akan sangat berdampak dikehidupan kita. Termasuk pensiunan nanti. Mungkin bisa makan 30, tetapi karena Inflasi, cuma cukup makan 10 hari,” kata Walikota saat hadir dalam giat High Level Meeting TPID Kota Manado di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut, Kamis(16/6).

Diketahui, triwulan I 2021 Inflasi kota Manado sempat tertahan sebelum menunjukkan peningkatan pada awal Tw-II 2021 seiring dengan pemulihan konsumsi rumah tangga.

Namun, berdasarkan data dari BPS pada bulan Mei 2021 Manado mencatat deflasi sebesar -0.30 persen (mtm). Yang sepanjang tahun 2021, merupakan yang paling rendah.
Hal itu disebabkan oleh penurunan tekanan harga pada Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau dan diikuti oleh Kelompok Transportasi.

Disisi lain, dari hasil analisa BI Sulut, komoditas Bawang, Rica, dan Tomat (BARITO), serta komoditas perikanan dan transportasi merupakan komoditas yang berisiko meningkatkan inflasi di Kota Manado.

“Itu sebabnya, salah satu hal penting yang perlu mendapat perhatian adalah pasar tradisional. Kota Manado memang belum memiliki pasar induk, tapi yang mengambil peran itu adalah Pasar Bersehati selaku pasar terbesar. Dan pasar Bersehati kita sudah bisa termasuk pasar induk. Karena perputaran ekonominya sudah lebih besar dari Pasar Pinasungkulan,” jelasnya.

Dirinya pun berharap semua piyak untuk menjaga serta meningkatkan kolaborasi sinergitas dalam hal pengendali inflasi.

“Termasuk didalamnya, kita akan mendistorsi harga pasar. Karena Kota Manado merupakan kota Jasa. Mari sama-sama kita dukung upaya TPID Kota Manado agar dapat mengawal inflasi di Manado,”tandasnya.

Giat dihadiri langsung oleh Kepala Kpw BI Sulut Arbonas Hutabarat, Wakil Walikota Manado dr Richard H.M Sualang, para pejabat BI Sulut, Dirut PD Pasar Ronald Roeroe, serta Kepala Dinas Terkait kota Manado, Pejabat Bank SulutGo, serta perwakilan pedagang yang ada di Kota Manado.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s