Manado

Urus Adminstrasi di Kelurahan dan Kecamatan Mesti Sertakan Kartu Vaksinasi

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Masyarakat kota Manado yang nantinya akan menguru Administrasi baik Kelurahan dan Kecamatan, harus menyertakan bukti berupa surat keterangan sudah divaksin (Kartu Vaksinasi).

Hal ini tercantum dalam poin Surat Pemberitahuan Sekretariat Daerah Kota Manado tertanggal 18 Juni 2021 Nomor 044/01/Setdako/467/2021, yang ditujukan kepada para camat se-Kota Manado.

Tentu, Pemerintah Kota Manado benar tidak main-main dengan vaksinasi (terlampir surat edaran, red).

Diketahuui, Surat ini ditandatangani langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, dengan tembusan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Manado dr Richard H. M Sualang memuat tiga poin penting untuk diimplementasikan seluruh masyarakat Kota Manado.

Poin pertama menyebutkan bahwa setiap pengurusan administrasi di kantor kecamatan dan kelurahan harus menyertakan bukti sudah divaksin (Kartu Vaksinasi) minimal satu kali dosis suntikan.

Poin kedua, masyarakat yang belum divaksin (kelompok lansia, komorbid, penyintas Covid-19 dengan syarat tertentu sesuai surat edaran Kemenkes), wajib melampirkan surat keterangan dari Dokter Puskesmas atau instansi kesehatan lainnya.

Poin ketiga menyebutkan bahwa Puskesmas harus memfasilitasi penerbitan Surat Keterangan bagi kelompok masyarakat yang belum bisa divaksin, sesuai hasil skrining, tanpa dipungut biaya apapun.

Walikota Manado Andrei Angouw berujar langkah ini merupakan tindak lanjut Peraturan Presiden supaya masyarakat secepat mungkin divaksin agar target herd immunity cepat tercapai.

“Selama ini kebanyakan masyarakat minta bantuan pemerintah tapi kali ini masyarakat membantu pemerintah untuk mau divaksin,” kata Angouw kepada wartawan sesudah kegiatan High Level Meeting di KPw BI Sulut, Kamis (17/6).

Menurutnya tidak ada seorang pun aman dari covid sebelum semua aman dari covid. Karena itu masyarakat Manado harus divaksin supaya segalanya aman.

Diketahui sampai sekarang ini sudah 120.000 orang di Manado yang telah menerima vaksin. Wali Kota Manado sendiri menargetkan pemberian vaksin rampung seluruhnya pada akhir 2021.(gabby)

Categories: Manado, Pemerintahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s