Minahasa

Warga Kurang Mampu di Minahasa Dapat Bantuan Bedah Rumah

Tondano – Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa Royke Roring dan wakil Bupati Robby Dondokambey terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat terutama bagi warga kurang mampu.

Ini terbukti Pemkab Minahasa menerima bantuan berupa Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) pada 2021. perbaikan rumah tidak layak huni dari pemerintah pusat.

Kepala dinas sosial Minahasa John Kapoh menyampaikan bantuan ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu. Adapun nilai yang didapatkan bagi masyarakat miskin yang mendapatkan perbaikan rumah tak layak huni sebesar Rp 15 juta per Kepala Keluarga (KK) per unit.

“Bersyukur tahun ini kita dapat jatah dari kemensos. Ini hasil dari permohonan atau lobi Pemkab Minahasa di kementerian Sosial yang dipimpin langsung oleh pak Bupati bulan yang lalu,” kata John Kapoh, jumat (18/6/2021).

Bupati Minahasa Royke Roring didampingi Kadis Sosial John Kapoh dan Kadis PMD Jeffry Tangkulung, saat bertemu dengan Dirjen Fakir Miskin di Kementerian Sosial

Menurut Kapoh, program beda rumah ini tinggal proses administrasinya saja, karena nama-nama penerimanya sudah ada, 70 unit rumah penerima bantuan RTLH.

Kriteria Penerima

• Masuk kategori fakir miskin dan memiliki KTP atau identitas yang masih berlaku.

• Kepala Keluarga atau anggota keluarga yang tidak mempunyai sumber mata pencaharian atau mempunyai mata pencaharian tetapi tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok yang layak bagi kemanusiaan (memperoleh upah di bawah UMR).

• Kehidupan sehari-hari masih memerlukan bantuan pangan untuk penduduk miskin. Seperti mendapatkan bantuan dari Raskin.

• Tidak memiliki aset lain apabila dijual tidak cukup untuk membiayai kebutuhan hidup anggota keluarga selama tiga bulan. Kecuali tanah dan rumah yang ditempati.

• Memiliki rumah di atas tanah milik sendiri yang dibuktikan dengan sertifikat atau girik atau ada surat keterangan kepemilikan dari Kelurahan atas status tanah.

• Bersedia tidak menjual atau menyewakan rumah tersebut selama minimal 5 tahun setelah mendapatkan bantuan RS-RTLH dari Kemensos. (CT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s