Ekonomi & Bisnis

BPJamsostek Gelar Monev, Komit Lindungi Jakon di Sulut

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Sulawesi Utara Mintje Wattu mengatakan kemungkinan terjadi resiko kepada pekerja jasa konstruksi (Jakon) sangat tinggi.

Hal tersebut disampaikan Wattu saat giat Monitoring dan Evaluasi Implementasi Kepesertaan Jasa Konstruksi Pada Balai Kementerian PUPR Wilayah Provinsi Sulut, Kamis(24/6) di Luwansa Hotel.

“Kenapa kita buat Monev ini? Tujuannya tentu bahwa semua pekerja jasa konstruksi bisa terlindungi program jaminan sosial Ketenagakerjaan. Karena memang kita sama tahu bahwa resikonya sangat tinggi sehingga mereka wajib untuk tercover Jadi kalau mereka kecelakaan bukan dari belas kasihan perusahaan tetapi diberikan jaminan sesuai aturan yang ada,” ucapnya.

Dijelaskannya, perlindungannya kepada Jakon Sama. Apabila dia kecelakaan karena aktivitas kerja 48 kali gaji kalau memang gajinya harian dikali 30 hari dikali 48 biaya kubur 10 juta kalau meninggal santunan berkala 12 orang anak dapat beasiswa juga sampai lulus kuliah.

“Jadi manfaatnya sangat besar apabila celaka. Tidak ada batas biaya sampai dan dengan yang bersangkutan sembuh dan memang kalau harus dirawat dan tidak dikerjakan atas keterangan dokter gajinya kami yang bayar. Jadi pihak perusahaan tanggung jawabnya hilang, dialihkan ke negara lewat bpjstk,” jelasnya.

Untuk iuran, dia menyebut hanya sekali selama masa proyek sampai dengan masa proyek selesai.

“Itu cuman sekali dia membayarkan iuran. Jadi kalau dibilang berat itu tidak berat. Sangat sedikit. Jadi dari nominal proyek ada pengalihan, pengalihan nya dikurangi dari biaya,” jelasnya lagi.

Disebutkan Wattu, hingga saat ini BPJamsostwk hanya mengklaim sekitar 20 persen dari yang ada.

“Karena masih sangat minim jadi kita perlu melakukan monev berkelanjutan. Justru karena itu dia sangat minim kita kembali menggandeng Kejaksaan sebagai pengawas langsung, sehingga kita pastikan bahwa ke depan, pekerja jasa konstruksi betul-betul terlindungi di Sulawesi Utara sesuai komitmen pak presiden dan juga itu jadi komitmen pak gubernur langsung,” harapnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s