Pemerintahan

ODSK Bantu Subsidi Cargo Maskapai, Kadis DKP : Pak Gubernur Sudah Nyatakan Siap Membantu

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Tangkapan ikan di perairan Narita Jepang dikabarkan melimpah. Akibatnya, berpengaruh terhadap volume dan nilai ekspor fresh tuna Sulawesi Utara (Sulut).
Diinformasikan, per Mei 2021 tercatat Volume ekspor ke Jepang sebesar 17.228,20 kilogram atau 17,2 ton dengan nilai 147.449,69 USD.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulut, Dr Ir Tienneke Adam MSi, dengan hasil perikanan yang melimpah secara otomatis Jepang mengurangi permintaan.

“Pada pengiriman ekspor terakhir ke Jepang volumenya sudah jauh berkurang. Permintaan buyer sedikit dari 2 ton menjadi 500 kilogram,” ungkapnya kepada wartawan di sela rapat koordinasi dan evaluasi direct call ekspor ke Jepang, Selasa (29/6).

Salah satu upaya yang dilakukan untuk kembali menggairahkan direct call ekspor sebut Adam adalah membuka pasar baru.

“Perluas jaringan dan perbanyak pasar, seperti Osaka dan Ohio. Ini menjadi
misi dagang ke Jepang. Hal ini sempat disharingkan denhan Jepang untuk cari market yang lain,” kata Adam sembari menambahkan pasar baru seperti Yokohama juga memungkinkan untuk disasar.

“Nilai kontrak blok dengan maskapai Garuda tidak tergantung volume. Artinya banyak atau sedikit produk ekspor nilai yang dibebankan tetap sama. Akibatnya harga menjadi tinggi,” kata Adam.

Meski demikian Adam mengaku optimistis dengan aktivitas ekspor Sulut, yang mendapatkan support penuh dari Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

“Pak Gubernur menyatakan siap membantu subsidi cargo maskapai. Dengan demikian akan meringankan beban para eksportir. Namun demikian kerja keras harus terus dilakukan dengan membuka market baru. Supaya ekspor tetap meningkat,” tandasnya.

Intinya, sambung Adam, Gubernur Olly di hadapan para eksportir terus memberikan semangat untuk terus menggenjot ekspor Sulut.

Berbagai upaya sektor perikanan, sambung Adam terus digenjot. Bahkan terus menunjukkan kemajuan signifikan.

“Industri pengolahan kaleng dan ikan frozen yang diekspor ke Amerika dan Eropa, Saudi Arabia mengalami kemajuan. Bahkan berbagai negara tujuan yang lain, mereka sangat meminati ikan beku dan frozen. Hal ini terus terjaga dan menjadi komoditas unggulan ekspor,” kuncinya.(gabby)

Categories: Pemerintahan, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s