Minahasa

Dinas Pendidikan Minahasa Sukses Gelar Lokakarya Guru Penggerak Ke-7 Angkatan Pertama

Tondano – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa menyelenggarakan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Ke-7 Angkatan I dan Festival panen hasil belajar, Sabtu 2 Juli 2021, di Yama Hotel Tondano.

Dengan diikuti 46 orang guru yang berasal dari jenjang TK, SD, SMP/MA se-Minahasa, kegiatan ini di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. Riviva,” MSi Maringka.

Maringka menyampaikan, Program calon guru penggerak ini adalah untuk mendorong guru memahami pembelajaran yang berorientasi pada murid.

“Apabila para guru biasanya mengajar muridnya di kelas, maka pada lokakarya program Guru Penggerak ini mereka harus kembali belajar layaknya seorang murid belajar di dalam kelas,” tutur Maringka.

Maringka menambahkan kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menciptakan guru penggerak yang dapat mengembangkan diri dari dari guru lain dengan refleksi berbagi dan berkolaborasi secara mandiri.

“Ketika menjadi guru penggerak, harus punya kreativitas dan inovasi agar supaya tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini bisa tercapai,” tuturnya.

Sementara salah satu calon guru penggerak Merlin Rorintulus, mengatakan banyak pembelajaran yang diperolehnya, terutama memahami apa yang dibutuhkan siswa. Merlin menyadari, memahami karakter dan kebutuhan siswa adalah bagian penting dalam proses pembelajaran yang baik.

“Itu sangat penting kita dalami untuk mencapai tujuan pembelajaran yang kita inginkan dalam proses pembelajaran di kelas,” ujarnya.

Menurutnya, seorang guru, perlu mau mempelajari hal-hal yang baru dan tidak sungkan belajar dari siapapun. “Di era saat ini, seorang guru dituntut juga untuk mengedepankan kolaborasi dan berbagi pengalaman dengan guru lainnya,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, para calon guru penggerak memamerkan karya dan inovasi mereka dari panen hasil belajar

Turut hadir, Panitia dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Ketua Komisi II DPRD Minahasa Ivone Andries, Dewan Pendidikan, Kabid Pembinaan Franky S. Waworuntu, Bapelitbangda Minahasa, Ketua PWI Minahasa, Media Center Minahasa, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah. (CT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s