Manado

dr Merry Sualang Mawardi Ajak Masyarakat Kota Manado Bawa Anak Untuk Ikut Vaksinasi

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Angka kejadian terpaparnya covid-19 pada anak semakin banyak. Sumber Ikatan Dokter Anak Indonesia mencatat, 1 dari 8 kasus covid 19 di Indonesia adalah anak-anak.

Untuk itu, Sekretaris TP-PKK Kota Manado dr Merry Sualang Mawardi, S.pA mengajak seluruh masyarakat kota Manado yang memiliki anak usia 12 hingga 17 tahun agar mau divaksin.

dr Merry menyampaikan masyarakat agar jangan termakan isu yang membuat takut sehingga mengambil keputusan untuk tidak mau di vaksin.

“Kepada seluruh masyarakat kota manado yang memiliki anak usia 12 hingga 17 tahun untuk membawa anaknya di imunisasi. Berikan ketenangan dan motivasi buat anak untuk tidak takut diimunisasi. Bantu pemerintah dalam memutuskan mata rantai penularan covid 19 dengan vaksinasi,” sebut dr Merry kepada media ini.

dr Merry bilang, masyarakat tak perlu takut pada vaksin, namun sebaliknya takutlah pada bahaya ancaman covid-19.

“Jangan takut. Takutlah pada covid itu sendiri. Apalagi sekarang sudah ada varian baru,” katanya.

Untuk efek Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) masih belum ada temuan. Namun, dr Merry bilang berdasarkan penelitian yang ada, KIPI yang terjadi hanya nyeri di tempat suntikan.

“Kan launching untuk anak usia 12 hingga 17 tahun ini juknisnya baru turun. Jadi temuan efek KIPI belum ada. Namun hasil BPOM hanya minim. Efeknya hanya ringan-ringan saja. Seperti nyeri ringan dan sedang dan demam tidak di temukan,” jelasnya.

Untuk anak usia 3 hingga 11 tahun, lanjutnya masih menunggu hasil.

“Apabila sudah di imunisasi bukan berarti tidak akan kena covid-19 melainkan apabila kena tidak timbul gejala yang berat itulah tujuan dari imunisasi,” tambahnya lagi.

Kepada tenaga kesehatan khususnya yang ada di Kota Manado, dr Merry berpesan agar tetap semangat.

“Kepada semua tenaga kesehatan terutama di Kota Manado untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas,” ungkap istri tercinta Wakil Walikota Manado dr Richard H.M Sualang.

Diketahui, sebelumnya secara serentak, lewat virtual dengan kepala daerah di 15 kabupaten/kota termasuk kota Manado, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melaunching vaksinasi kategori anak 12 hingga 17 tahun di SMA Kristen Even Haezar Manado, Senin(5/7).(gabby)

Categories: Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s