Minahasa Selatan

Sekda Minsel, Kaawoan: THL yang tidak miliki SK Bupati tanggung jawab kepala SKPD

Minsel, SulutNewsTv.com – Bupati Minahasa selatan, melalui sekretaris daerah Denny Kaawoan, Senin, (12)7/21)  menegaskan, tenaga honor lepas (THL) yang tidak miliki Surat Keputusan (SK) Bupati, bukan tanggung jawab Pemkab Minsel, melainkan oknum kepala SKPD.

Pernyataan Kaawoan, ini menjawab sekaligus mengklarifikasi pernyataan  Anggota dewan, yang masih mempertanyakan gaji THL yang konon belum di bayar.

Kaawoan menuturkan, untuk THL yang lalu, sudah di rumahkan. “Melalui surat edaran yang di lakukan pihaknya dan itu berlaku sejak tanggal 7 Januari 2021 lalu. Sementara, THL yang masih bertugas sampai dengan bulan Pebruari 2021, hanya pengawal Bupati, (Walpri) dan gaji mereka sudah di bayar sampai bulan Februari 2021, sesuai dengan  berakhirnya masa kontrak mereka,” ungakap Sekda.

Terkait adanya THL lama yang masih di pertahankan kepala SKPD, sampai dengan bulan mei 2021, itu tanggung jawab oknum kepala SKPD yang bersangkutan, pembayaran gaji mereka.

Sembari menjelaskan alasannya, Pemkab Minsel, tidak memiliki dasar (regulasi) untuk membayarkan gaji THL tersebut, dikarenakan mereka tidak mengantongi SK. Bupati. ” Mereka (SKPD) yang mempertahankan, THL tersebut, tanpa SK Bupati, mana mungkin kami dapat membayar gaji mereka, ” ketus Kaawoan.

Sementara, THL yang di rekrut saat ini merupakan tenaga profesional yang di butuhkan dan kontrak mereka berlaku sejak 1 Juni 2021. Itupun hitungan gaji mereka, perhari, kalau tidak masuk kerja berarti gajinya terpotong. “Begitupun, yang melakukan pelanggaran kapan saja bisa di pecat,” tutup Kaawoan. (Christian)

Categories: Minahasa Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s