Ekonomi & Bisnis

Klaster Usaha Jagung Binaan BRI Manado, Buka Pangsa Pasar Baru ke wilayah Jatim

SULUTNEWSTV.com, BOLMONG – Klaster Usaha Jagung Binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah (Kanwil) Manado, perdana melakukan panen di Desa Lalow Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondouw, Rabu(4/8).

Regional CEO BRI Manado John Sarjono hadir langsung dalam melakukan panen perdana tersebut  dilahan milik Sangadi Stenry Kastilong.

John didampingi Operational Head BRI KW Manado Dian Islami dan segenap Jajaran BRI Kanca Kotamobagu serta perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow, Sangadi Desa Lalow Kec. Lolak Kab. Bolaang Mongondow beserta para petani jagung.

Diketahui, Bolaang Mongondow merupakan kelompok tani klaster jagung Mekar Jaya binaan BRI Unit Lolak Kanca BRI Kotamobagu.

Klaster usaha jagung ini diketuai oleh Sangadi Stenry Kastilong. Dan pada panen perdana tersebut hasilnya direncanakan untuk memenuhi permintaan jagung dari salah satu Koperasi Peternak di Kabupaten Blitar Jawa Timur.

“Sampai dengan saat ini telah dilakukan 4 kali pengiriman kontainer sejak bulan Juni 2021. Rata rata setiap kali pengiriman mencapai 23 Ton yang kalau di uangkan sekitar Rp130 Jutaan per sekali kirim.

Dan sekarang sedang dipersiapkan kembali untuk pengiriman ke 5 dalam minggu ini mengingat kebutuhan jagung di Koperasi Peternak Ayam Blitar mencapai 250 Ton perhari. Dan kami bersyukur telah dibukakan pangsa pasar baru oleh BRI,” ungkap Stenry.

CEO BRI Manado John Sarjono mengimbau kepada para petani, agar bisa memanfaatkan program dari BRI.

“Baik program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pinjaman Kemitraan, dengan bunga yang rendah untuk dimanfaatkan  dalam meningkatkan produksi pertanian khususnya jagung karena masih banyak para petani yang masih terjebak permainan rentenir yang akhirnya merugikan petani itu sendiri,” imbaunya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s