Minahasa

Wakili Bupati ROR, Sekda Frits Muntu Lantik BPD se-Minahasa

Tondano – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Robert Muntu S.Sos melantik dan mengambil Sumpah dan Janji para Anggota Badan Perwakilab Desa BPD se-Kabupaten Minahasa masa bakti 2020 – 2026, pada Selasa, 10 Agustus 2021 bertempat di Aula Benteng Moraya Tondano.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung SH MAP, Kepala Bagian Protokol dan Kopim Johnny Tendean AP MAP, Camat Pineleng Drs Jonly Wua MM, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi S.Pd dan para Rohaniwan, diikuti oleh 10 orang perwakilan Anggota BPD dari beberapa Kecamatan, sementara pimpinan dan anggota BPD lainnya mengikuti secara virtual dari Desa masing-masing.

Dalam sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan oleh Sekda Frits Robert Muntu mengucapkan selamat kepada para Anggota BPD yang mendapatkan kepercayaan, tanggung jawab dan telah dilantik saat ini.

Dikatakan Bupati, BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Anggota BPD adalah wakil penduduk berdasarkan keterwakilan wilayah dan dapat dianggap sebagai parlemennya desa dengan tugas utama menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat desa itu sendiri, kemudian menyelenggarakan musyawarah desa, dan membentuk panitia pemilihan hukum tua.

“Tujuan dari pengambilan sumpah janji dan pelantikan BPD ini,agar BPD memperoleh legalitas dalam melaksanakan tugas-tugasnya di desa, termasuk dalam menerima haknya untuk memperoleh dukungan dalam desa, kemudian dalam implementasinya pelaksanaan kewenangan tersebut hendaknya tidak terlalu berlebihan, tetapi harus berlandaskan dengan norma peraturan perundang-undangan yang berlaku” urai Bupati.

Diharapkannya, agar para Anggota BPD yang baru dilantik dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bangun komunikasi yang harmonis bersama Kepala desa sebagai mitra dalam pemerintah desa, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, serta pembinaan masyarakat di desa guna terwujudnya Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera” harap Bupati. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s