Ekonomi & Bisnis

Peringati Hari UMKM Nasional, BRI Kanwil Manado Berkomitmen Kembangkan Ekosistem Digital

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Memperingati Hari UMKM Nasional, PT Bank Rakyat Indonesia Kanwil Manado berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem digital UMKM yang ada di Sulawesi Utara. Satu diantaranya adalah pemanfaatan digitalisasi pembayaran melalui QRIS.

Regional CEO BRI Manado John Sarjono menyampaikan dalam membangun UMKM, BRI senantiasa mendampingi serta memberikan layanan secara maksimal.

“BRI juga berinovasi untuk mengembangkan bisnis di masa Pandemi Covid-19. Seperti digitalisasi pembayaran melalui QRIS untuk mempermudah tranksaksi para pelaku UMKM. Selain itu digitalisasi juga sebagai upaya meminimalisir pencegahan Covid-19, masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran langsung dengan melakukan scan barcode QRIS dari masing-masing smartphone pembeli yang memiliki dompet digital,” jelas John saat acara ceremonial Perayaan Hari UMKM Nasional di GodblessPark Manado, Kamis(12/8).

Dalam kesempatan itu, dirinya juga menyebut saat ini BRI telah mengembangkan UMKM di Sulut sekira 88,9 persen yang merupakan debitur BRI sendiri.

“Dari total 112.949 UMKM, sebanyak 100.018 yang menjadi debitur kami. Dan sepanjang tahun 2021 kami mengalokasikan KUR di Sulut sebesar Rp 1.7 triliun dan sampai dengan bulan Juli BRI telah menyalurkan Rp 678 Milyar,” ungkapnya.

Disisi lain, Bank Plat Merah ini juga menjadi salah satu bank yang ditunjuk pemerintah untuk turut menyukseskan program Pemulian Ekonomi Nasional (PEN) dengan menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Dan sampai dengan Juli 2021 terdapat 190.049 UMKM yang mendapatkan bantuan BPUM dengan total alokasi sebanyak Rp288 Milyar,” tambahnya.

Selain itu, BRI juga memiliki peran sebagai bank penyalur bantuan sosial baik Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako.

“BRI telah menyalurkan bantuan sosial program PKH kepada 54.739 KPM dengan alokasi Rp 69 Milyar dengan penyerapan mencapai 97.54 persen. Sedangkan untuk program bantuan sosial Sembako, sampai dengan Juli 2021 BRI telah menyalurkan kepada 85.392 KPM dengan alokasi Rp 83 Milyar dengan penyerapan mencapai 90.66 persen,” tambahnya menjelaskan.

Diketahui, dalam mendukung kemajuan dan sinergi kepada UMKM di Sulawesi Utara, BRI Kanwil Manado memiliki 6 Kantor Cabang, 6 Kantor Cabang Pembantu, 71 BRI Unit, dan 51 Kantor Teras.

Tenaga marketing sebanyak 102 Relationship Manager (RM), 262 Mantri Unit. Agen laku pandai sebanyak 6.553 Agen Brilink, serta 8.210 Merchant Qris yang tersebar seluruh Provinsi Sulawesi Utara.

“BRI terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada UMKM di Sulawesi Utara dengan harapan dapat bersinergi dan menjadi mitra UMKM dalam membangun perekonomian Sulawesi Utara menjadi lebih baik,” tandasnya.

Hadir dalam giat ini Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Wakil Walikota Manado dr Richard H.M Sualang, Kepala Dinas Koperasi & UKM Prov. Sulut Ronald T.H. Sorongan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sulawesi Utara – Arbonas Hutabarat dan 56 Pelaku UMKM Sulawesi Utara.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s