Ekonomi & Bisnis

Wagub Apresiasi Bank BRI, Turut Andil Bangkitkan Ekonomi di Sulut

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw memberi apresiasi kepada PT Bank Rakyat Indonesi (BRI) Kanwil Manado, yang telah turut mengambil andil membangkitkan perekonomian dibawah wilayahnya termasuk bumi Nyiur Melambai.

“Saya tidak mau memuji. Namun atas nama Bapak Gubernur, saya berterimakasih sebesar-bezarnya kepada BRI. Tidak banyak bicara, namun kelihatan kerjanya,” ungkap Kandouw saat membuka giat seremonial hari UMKM Nasional 2021 di Taman GodblessPark Manado, Kamis(12/8).

Menurut Wagub, BRI telah berkontribusi 20 persen mempertahankan ekonomi yang ada di Sulut.

“Dan saya rasa ini mesti dimanfaatkan oleh masyarakat sulut. Sisi permodalan tidak ada kendala. Siapa yang mau berusaha pasti ada jalan. Tinggal dari dinas yang memilah, mana yang pantas mendapatkan bantuan,” katanya.

Dirinya pun mengajak dihari UMKM ini, pelaku UMKM untuk sama-sama menggelorakan momentum ini.

“Dan kita selaku pemerintah baiknya mendampingi. Agar teman-teman UMKM juga memiliki tangung jawab. Jangan cemu memasarkan produk kita,” tambahnya.

Disisi lain, Wagub juga mengimbau agar UMKM memiliki buku saku. Karena menurut manajemen keuangan mqsih lemah.

“Jangan goyah semangat kita ditengah pandemi. Tuhan tidak akan berikan cobaan yang tak bisa kita lewati,” ucapnya.

Sementara itu, Regional CEO BRI Manado John Sarjono menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi Sulut dan Bank Indonesia yang telah mendukung BRI.

“Kami sadar pelaku UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di Sulut. Di Sulut dari total 112.949 UMKM saat ini sebanyak 100.018 atau 88,9 persen UMKM telah menjadi Debitur BRI,” ungkap John.

Dikatakannya, BRI masih punya ‘pekerjaan rumah’ yang harus dikerjakan yakni para pelaku UMKM mesti punya akses ke BRI langsung.

“Yang terpenting adalah, disamping yang sudah ada. Kita juga berencana menciptakan UMKM baru. Dan akan lebih strategis. Sehingga pertumbuhan ekonomi semakin terasa,” bebernya.

Dirinya pun meminta dukungan pula agar nanti hingga akhir 2021, target BRI dapat tercapai.

“Jadi bagi pelaku UMKM , sesuai tema kita haro ini yakni UMKM merdeka. Selain merdeka, mereka juga harus naik kelas,” tandasnya.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s