Minahasa

Rivay : Puji Tuhan Sembuh, Kami Tidak Dipungut Biaya Berkat Program JKN-KIS

 

 

Tondano, Jamkesnews – Rivay Pelleng (38), salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar dari segmen Kepala dan Perangkat Desa ini mengungkapkan rasa bahagianya saat ditemui tim Jamkesnews (04/07). Rivay yang berada di Desa Tombatu Satu, Lingkungan VII, Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara ini bahagia karena ingin mengungkapkan kisahnya setelah merasakan langsung manfaat Program JKN-KIS.

Rivay dan keluarganya telah merasakan manfaat Program JKN-KIS ini. Manfaat yang diterimanya ketika istri Rivay harus melakukan proses persalinan anaknya dengan operasi sesar. Saat itu dokter mengatakan istri Rivay telah menderita hiperemesis gravidarum sejak awal kehamilan dan air ketuban telah merembes sejak adanya tanda kelahiran. Hal itu menyebabkan air ketuban tersisa sedikit saat akan melakukan proses persalinan.

“Dokter memberitahukan bahwa istri saya tidak bisa melakukan persalinan secara normal namun harus melalui operasi sesar, semua berjalan lancar berkat kartu JKN,” ujar Rivay.

Rivay mengaku, manfaat yang diterimanya dari Program JKN-KIS tidak hanya dirasakan saat istrinya harus melakukan persalinan dengan operasi sesar. Saat anaknya sakit dan harus dirawat di rumah sakit serta saat dirinya membutuhkan pemeriksaan kesehatan saat kondisi kesehatannya terganggu juga semuanya dilakukan menggunakan kartu JKN-KIS.

“Anak saya juga sudah merasakan betapa Program JKN-KIS ini sangat membantu. Waktu itu anak saya Fadelio Pelleng yang masih berumur 6 tahun sempat sakit mual-muntah dan demam. Awalnya kami rawat di rumah, namun karena kejang akhirnya kami memutuskan untuk membawanya ke RS GMIM Kalooran Amurang. Menurut dokter ada virus yang menyerang, kebetulan daya tahan tubuh Fadelio sedang menurun. Memang dulu Fadelio punya riwayat digigit anjing hingga harus dirawat 4 hari. Puji Tuhan sembuh dan kami juga tidak dipungut biaya,” ungkap Rivay.

Di akhir Pertemuan, Rivay mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemda Minahasa Tenggara karena telah mendaftarkan Kepala dan Perangkat Desa di Minahasa Tenggara ke dalam Program JKN-KIS. Dia berharap Program JKN-KIS ini dapat terus berjalan dan manfaatnya dapat terus dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara telah mengintegrasikan kepesertaan JKN-KIS Kepala Desa dan Perangkat Desa (KP Desa) di wilayahnya. Komitmen dalam integrasi Kepsertaan KP Desa Kabupaten Minahasa Tenggara ini telah berjalan terhitung mulai Agustus 2020 dan hingga sekarang terdapat 144 Desa yang telah terintegrasi dan terdaftar dalam segmen KP Desa. (Ib/An)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s