Minahasa

Dilapor Serobot Lahan Pemda, JWS: Lahan Tersebut Milik Pribadi yang Bersertifikat

Minahasa – Drs Jantje Wowiling Sajow MSi atau kerap disapa JWS, hanya tertawa ketika dirinya dituding oleh salah satu LSM tak jelas, bahwa dirinya melakukan penyerobotan lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa di Desa Koka Kecamatan Tombulu.

Respon JWS ini muncul usai dirinya membaca salah satu berita media massa tersebut yang mencantumkan foto rumah semi permanen miliknya di Desa Koka, yang hendak dijadikannya tempat usaha restoran, yang menyebut bahwa rumah itu berdiri di lahan milik Pemkab Minahasa.

Bahkan, LSM yang membuat statemen di media tersebut pun tak berani menyebut nama secara terang terangan, usai melaporkan tudingan dugaan penyerobotan lahan termaksud ke Kejaksaan Negeri Minahasa.

“LSM ataupun oknum yang melaporkan itu ke pihak Kejaksaan Negeri Minahasa kelihatannya hanya asal-asalan saja atau hanya menduga duga saja dan tidak memiliki data dan bukti,” kata Bupati Minahasa periode 2013-2018 tersebut.

JWS pun lalu memperlihatkan Sertifikat Hak Milik terkait lahan dituding diserobot itu. Dia menyebut bahwa tidak ada asset milik Pemkab Minahasa di area itu.

“Pemkab Minahasa tidak ada asset disitu, silahkan tanya Pemkab. Tanah tempat bangunan milik itu milik anak saya tang di beli di lelang pengadilan. Jadi, pembangunan resto di Rest Area Koka adalah milik pribadi dengan HAK Sertifikat nomor 79. Kecuali rert area yang di bangun Pemkab di sebelahnya, itu sudah diserahkan ke Desa Koka dan sekarang di sewa orang untuk tempat usaha,” terang JWS mengisahkan sejarah tanah tersebut.

“Sangat disayangkan memang bila ada LSM yang tak tau apa-apa lalu melaporkan orang, apalagi dengan tujuan tidak baik. Saya akan mengambil langkah untuk itu,” ujarnya.

Sementara, Pemkab Minahasa melalui Kepala Bidang Asset di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Minahasa, Flora Jeklyn Rumbayan SKom ketika dikonfirmasi ini terkait lokasi tanah yang dipersoalkan, membenarkan bahwa Pemkab Minahasa tidak memiliki asset disitu.

“Tanah seperti yang dimaksud itu tidak tercatat sebagai asset milik daerah. Beberapa waktu lalu itu pun sudah ditanyakan pihak Kejaksaan Negeri Minahasa, dan kami sudah memberi jawaban bawah tidak ada tanah milik Pemkab disitu,” ujarnya. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s