Tomohon

Permudah Pengurusan Ijin, Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Kebijakan Investasi Untuk Pelaksanaan Perijinan Berusaha

Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tomohon menggelar sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal Untuk Pelaksanaan Perijinan Berusaha, bertempat di Grand Master Resot Hotel, Kakaskasen Tomohon, Senin (27/9/21).

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan Kepala Dinas DPMPTS Ir.Ervinz D.H Liuw M.Si mengatakan, kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Tomohon.

“Kami memberi apresiasi kepada DPMPTSP atas dilaksanakan sosialisasi ini sehingga pelaku usaha dapat memperoleh informasi terkait kebijakan pemerintah dibidang investasi dan penanaman modal,” kata Wali Kota.

Beliau mengatakan Pemerintah Kota sangat mendukung dan terbuka bagi pelaku usaha yang ingin berinvestasi di Kota Tomohon.

Dijelaskannya, para pelaku usaha dalam melakukan pengurusan ijin usaha untuk saat ini telah dipermudah tanpa mengeluarkan biaya, melalui aplikasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSSRBA).

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tomohon Drg. Jeand’arc Karundeng memaparkan materinya dengan judul “Upaya meningkatkan daya saing pelaku UMKM dimasa Pandemi Covid-19″.

Ia mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha.

“Dalam pengurusan untuk saat ini sudah sangat mudah dilakukan tanpa berbelit – belit, dan pengurusan saat ini gratis oleh Pemerintah, namun harus ada rekomendasi dari Dinas kesehatan agar konsumen juga terlindungi.” Terangnya.

Sementara itu Kadis Ervinz Liuw disela-sela acara sosialisasi mengatakan, tujuan kegiatan sosialisasi ini berkaitan dengan legalitas perijinan pelaku usaha.

“Dalam berinvestasi, perlunya legalitas usaha. Pada tahapan ini targetnya adalah para pelaku-pelaku UMKM berusaha dengan legalitas perijinan supaya usahanya bisa berdaya saing dan berkembang,” ucap Liuw.

Lanjutnya, “pelaku usaha dalam menjalankan usahanya harus membuat ijin usaha, apalagi saat ini sudah dipermudah” tandasnya.

Diketahui pelaksanaan kegiatan ini diikuti 50 peserta.

Hadir dalam kegiatan, Unsur perangkat daerah, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Tomohon sebagai penyelenggara kegiatan, Narasumber dan unsur organisasi Dekranasda Tomohon, Camat Tomohon Barat Meidy Pandey, Camat Tomohon Selatan Selvie Datu, Tenaga pendamping OSS dan LPM Tomohon dan Pelaku UMKM. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s