Minahasa

Hanya Butuh Tiga Tahun, Kumtua Pineleng 1 Timur Stenly Lasut Tuntaskan Visi Misi

Minahasa – Hasil pembangunan Desa Pineleng Satu Timur Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Hukum Tua (Kumtua) Stenly Lasut, mulai menunjukan hasil. Sejak dilantik pada Tanggal 8 Agustus 2016, Lasut yang berlatar belakang dari pengusaha Taman Landscape mulai membangun desa tanpa kenal lelah.

Karena Desa Pineleng Satu Timur hasil pemekaran, Lasut pun kepada media ini, Kamis (30/9) menceritakan awal kepemimpinannya sebagai Kumtua di Desa yang berpenduduk 275 Kepala Keluarga (KK) ini.

“Awal jadi Kuntua, karena Desa pemekaran saya memulai dari nol, apalagi karena kantor hanya sewa, tapi berupaya sampai tahun Ke-3 sudah ada kantor,” ungkap suami dari Ny. Olke Lasut Ngelo ini.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan lahan pekuburan, Kuntua berupaya untuk mencari lahan pekuburan. “Tahun Ke-3 saya memimpin, lahan pekuburan bisa di beli dengan tidak menggunakan dana desa melainkan sumbangan pribadi, keluarga dan topangan dari masyarakat,” kata Kuntua yang fasih dalam berkata-kata ini.

Bisa di katakan, janji kampanye saat Lasut mencalonkan diri sebagai Kuntua, seperti Kantor Desa, Lahan pekuburan, membuka akses jalan baru dan penghubung antar jaga 2-3, Bea Siswa untuk warga kurang mampu, Beda rumah, bansos untuk warga kurang mampu dan lansia, sudah terwujud di Tahun Ke-3 ia memimpin.

“Keberhasilan ini tentu karena didukung sepenuhnya oleh keluarga serta warga masyarakat,” tuturnya.

Lasut mengungkapkan, hal yang paling menantang saat ia berupaya untuk melakukan pelebaran jalan di Jaga 2 Jl. Sendangan yang tadinya 3 meter menjadi 6 meter sepanjang 725 m. Jalan ini bisa jadi jalan alternatif 4 Desa dan alternatif dari kemacetan di jalan raya.

“Pelebaran jalan ini bukan hanya digunakan untuk warga saya, tapi juga jalan ini bisa dilintasi untuk menghindari macet. Jalan ini menghubungkan Desa Kali-Kali Selatan-Tomohon, atau tembus Desa Lotta, Pineleng Satu dan Dua,” jelasnya.

Lasut berharap dengan dilebarkannya jalan ini, semoga bisa mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi atau Pemkab Minahasa untuk aspal hotmix.

“Walaupun proses pekerjaan tersebut banyak tantangan dan rintangan, tapi puji Tuhan bisa selesai,” tutup Kuntua. (CT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s