Manado

Gubernur Olly Puji Kepemimpinan AA-RS, OD : Kota Manado Sudah Mulai Bagus

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Ada wajah baru yang nampak dalam Musrenbang RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026. Selain kehadiran Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey juga turut serta dalam rapat RPJMD di ruang serbaguna kantor Walikota Manado.

Gubernur Olly juga menegaskan, kepemimpinan Wali kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali kota Richard Sualang (AA-RS) mulai menunjukkan kinerja yang baik.

“Saya lihat di tangan Walikota sekarang, Manado sudah mulai bagus,” ungkap Olly saat membuka Musrenbang RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026, Senin (11/10).

Tak dapat dipungkiri, untuk menata Kota Manado, bukanlah hal mudah. Sebab, ada begitu banyak permasalahan yang harus dihadapi duet ini.

Tantangan tersebut antara lain, masalah Pandemi Covid-19 yang mempengaruhi perekonomian daerah, dan juga masalah banjir dan sampah.

“Meski demikian, saya memberikan apresiasi kepada walikota dan wakil walikota yang mulai dapat mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya.

Di sisi lain, Olly mengatakan kegiatan Musrenbang sangat penting dalam rangka menentukan arah pembangunan selama lima tahun ke depan. Bahkan sangat strategis untuk mewujudkan sinergitas antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan.

Gubernur menambahkan bahwa penetapan indikator makro dalam proses perencanaan adalah hal yang penting bagi pembangunan daerah.

“Hal penting dalam proses penyusunan RPJMD adalah penetapan target indikator makro pembangunan daerah di setiap tahunnya, yang meliputi laju pertumbuhan daerah, inflasi, kemiskinan dan pengangguran,“ tuturnya.

Diketahui, indikator makro merupakan pijakan awal pembangunan dalam menjawab tantangan-tantangan yang ada, dengan memperhitungkan semua kondisi internal dan eksternal daerah.

Gubernur berharap, ke depan pemulihan perekonomian di Kota Manado akan menguat. Sehingga akan berimplikasi pada kemajuan pesat di Kota Manado, dan topangan besar Kota Manado terhadap pencapaian Visi Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021-2026, “Menuju Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik,” tukasnya.

Sementara itu, Walikota Manado Andrei Angouw mengatakan kegiatan ini merupakan momen rembuk antara pemangku kepentingan demi kemajuan daerah, untuk menentukan RPJMD yang merupakan bintang penuntun dalam menjalankan program kedepan, yang disesuaikan dengan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Dalam kesempatan, Gubernur Olly Dondokambey membuka Musrenbang RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026, ditandai dengan penandatanganan berita acara Musrembang RPJMD bersama Walikota Manado, Kepala Bapelitbang Manado, serta Kepala Bapelitbang Sulut.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Walikota Manado Richard Sualang, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Micler C.S. Lakat, Forkopimda Kota Manado, Kepala Bappeda Sulut, staf ahli Walikota, Inspektur, para Asisten, Kepala SKPD dan para camat.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s