Minahasa Tenggara

Tingkatkan Kualitas dan Profesionalitas, Puluhan Pemandu Wisata di Mitra Diberi Pelatihan

Mitra, SULUTNEWSTV.com- Puluhan pemandu wisata yang tergabung di beberapa komunitas di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diberi pelatihan peningkatan kualitas serta tingkat sumber daya manusia (SDM).

Pelatihan ini digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Desa Pangu Kecamatan Ratahan Timur selasa (12/10)

Pelatihan ini dikhususkan bagi sejumlah tour guide yang berada di lokasi sekitaran kawasan Gunung Soputan atau tepatnya pemandu wisata yang berdomisili di sejumlah wilayah yang berdekatan langsung dengan gunung tersebut.

Kepala Disparbud Mitra Sartje Olga Taogan mengatakan, peningkatan pembangunan perekonomian dan sosial masyarakat juga ditunjang dengan adanya wisata. Apalagi jika wisata yang mempunyai potensi serta daya jual, tentunya dibutuhkan pemandu wisata yang potensial.

“Mitra memiliki destinasi wusata yang mempuni dan cukup luar biasa, diharapkan para pemandu wisata yang memiliki pemahaman serta SDM yang baik dapat memberikan kontribusi positif bagi wisatawan maupun tempat wisata,” kata Taogan.

Saat ini lanjutnya, Pemkab Mitra terus berupaya berinovasi dalam mengembangkan sejumlah destinasi wisata yang ada di Mitra, keberadaan dan keterlibatan pemandu wisata yang potensial tentu dapat memberikan kesan positif bagi wisatawan, sehingga menimbulka daya tarik bagi wisatawan untuk kembali lagi berwisata di Mitra.

“Pelatihan ini untuk menjadikan para tour guide yang profesional, dan dapat memikat para wisatawan serta lebih memperkenalkan sejumlah wisata menarik yang ada,” tandasnya.

Kegiatan ini menghadirkan para narasumber dari Pengurus Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Sulawesi Utara Sulut. (Baim)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s