Ekonomi & Bisnis

BRI Dorong Pemberdayaan Ekosistem Klaster Bisnis di Gorontalo

SULUTNEWSTV.com, GORONTALO – Regional chief executive officer (RCEO) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah Manado, John Sarjono, mengapresiasi pengembangan klaster usaha budidaya ikan air tawar, dengan teknologi kolam bioflok dan budidaya ikan Nila Jaya Perkasa, yang dikembangkan di Desa Huntu Barat, Kecamatan Bulango Selatan, Bone Bolango. Apresiasi itu ditandai dengan kunjungan langsung RCEO BRI, John Sarjono, ke lokasi budidaya, Rabu (13/10).

Pemberdayaan klaster usaha berupa budidaya ikan air tawar kolam bioflok yang beranggotakan 15 orang, dan klaster Nila Jaya Perkasa sebanyak 16 orang, di Desa Huntu Barat, dibentuk lewat program ‘Pojok Mantri Desa’ oleh Mantri Unit BRI Tapa yang bersinergi dengan kepala Desa Huntu Barat, Talib Karim.

RCEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono, mengatakan, pemberdayaan bisnis klaster bagi kelompok usaha masyarakat  merupakan bentuk gerakan BRI dalam menciptakan dan memperkuat ekonomi masyarakat desa, dengan terus memberdayakan berbagai macam klaster usaha.

BRI lanjut John Sarjono, membantu melalui penyaluran modal usaha seperti KUR Mikro, KUR Super Mikro, Kemitraan dan Kupedes. Empat produk permodalan dari BRI ini yang menjadi penguatan atau menambah permodalan untuk menumbuh kembangkan usaha warga atau kelompok-kelompok UMKM.

Di Gorontalo, BRI telah mengembangkan 185 klaster usaha yang tersebar  di enam kabupaten dan kota. Seluruh klaster usaha itu ditopang melalui penyaluran KUR BRI yang hingga kini penyaluranya telah mencapai Rp 886 Miliar dengan jumlah debitur sebanyak 33.787 usaha.

Rincinya,  KUR Kecil sebanyak 496 debitur dengan nilai Rp 131 Miliar, KUR Mikro sebanyak 25.720 debitur senilai Rp 665 Miliar, dan KUR Supermikro senilai Rp 70 Miliar untuk 7.571 debitur.

“BRI akan terus berkomitmen mendorong pengembangan usaha masyarakat, termasuk pemberdayaan klaster bisnis ini, sebagai upaya pemulihan ekonomi dan peningkatan ekonomi masyarakat Gorontalo,”terang John Sarjono.

BRI tak sekadar  membantu dari sisi permodalan, namun juga mendampingi para pelaku usaha binaan untuk penjualan produk. Kunjungan RCEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono di Gorontalo dengan melihat langsung klaster usaha warga, seperti klaster budidaya ikan air tawar dengan teknologi kolam bioflok dan klaster Nila Jaya Perkasa di Desa Huntu Barat , Bone Bolango, merupakan bentuk nyata support BRI.

Bahkan, RCEO BRI Kanwil Manado, tak sekadar berkunjung, bentuk apresiasi untuk pemberdayaan bisnis klaster juga akan direalisasikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI. Dalam kunjungnya ke lokasi klaster budidaya ikan air tawar, di Desa Huntu Barat, RCEO John Sarjono, mendengarkan langsung kebutuhan kelompok klaster usaha,  seperti kebutuhan pengembangan sarana dan prasarana, yang tentunya untuk pendukung klaster usaha budidaya ikan air tawar di desa Huntu barat.

Kepada para kelompok klaster usaha, RCEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono, yang didampingi Pimpinan Cabang BRI Gorontalo, Muh. Taswin Tadjuddin, dan AMPM Raflin Kunu, serta Kepala unit BRI Unit Tapa, Muh Ikhsan Hatta, mengharapkan agar klaster usaha terus berkembang dan mampu menciptakan, maupun menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat.

Ia juga menekankan agar kelompok usaha tidak selalu berharap bantuan pemerintah, dengan maksud agar klaster dapat lebih mandiri untuk megembangkan UMKM.

Selain itu, BRI melalui program BRIlian Sahabat UMKM, juga melakukan berbagai program di Desa Huntu Barat, misalnya Desa Ekowisata, pemberdayaan masyarakat, program desa davestera atau semua nasabah BRI telah terprotect asuransi BRILife, program gerakan BRI Mobile di setiap masyarakat, terciptanya agen Brilink mobile untuk memudahkan transaksi masyarakat, serta mendapatkan solusi untuk program umrah melalui tabungan Simpedes (Si Sigap) dan simpanan arisan kelompok.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s