Ekonomi & Bisnis

Wujud Apresiasi, BI Gelar Temu Responden

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Sebagai bentuk apresiasi serta rasa terimakasih atas kontribusi para responden yang selalu tepat dan cepat dalam memberikan data yang akurat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut mengadakan temu responden dengan tema ‘Mendorong Pemulihan Ekonomi Sulut Kelalui Kebijakan Pro Ekspor’, di Ballroom FourPoints Hotel By Sheraton Manado, Rabu(13/10).

Ditemui disela-sela kegiatan Kepala Kpw BI Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan temu responden ini, adalah untuk memperat tali silahturahmi baik dari BI ke responden, yang sudah terjalin selama ini.

“Apresiasi kami kepada responden yang sudah mau dan tetap setia membantu kami untuk bisa mendapatkan data yang akurat,” kata Arbonas kepada sulutnewstv.com.

Metodologi BI dalam survei responden, semakin kuat. Apalagi, Arbonas menyebut hingga saat ini, jumlah responden dari semua sektor usaha ada 400, yang membuat data di BI bisa dipercaya.

“Karena itu kami percaya diri dapat membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi yang dapat digunakan oleh Pemprov Sulut. Cara kerjanya seperti apa, BI mendapatkan responden yang selanjutnya dianalisis lebih lanjut. Dan dari hasil analisa ini yang diteruskan ke pusat dan pemprov Sulut guna dipakai dalam mengambil kebijakan,” jelasnya.

Sehingga, lanjut dia, hasil nya bisa menjadi acuan. Bahkan kata dia, daya dari responden sangat dijaga kerahasiannya.

Ditempat yang sama, Kepala Departemen Statistik BI Farida Peranginangin pun turut memberi apresiasi hasil survey responden di Sulut. Menurutnya, hal ini baik, dikarenakan tanpa responden yang baik surveynya kurang mencakup seluruh gambaran perekonomian.

“Semakin banyak responden merespon dengan baik dan jawabannya tepat, semakin berkualitas data BI. Dan itu menjadi dasar bagi BI menyusun assesment kemudian menyusun kebijakan supaya tepat,” katanya.

Bahkan, para pengusaha dapat menggunakan data dari BI, yang hasilnya, para pengusaha dapat taju betul serta lebih memahami kondisi saat ini dan antisipasi ke depan.

“Karena, BI juga selama ini tidak hanya melakukan survey dan pengumpulan data tapi ikut mempublikasikan hasil analisa BI. Supaya dipakai oleh orang banyak termasuk pengusaha juga. Kalau mereka bisa melihat itu maka mereka bisa melihat gambaran keseluruhan Indonesia dari statistik yang dipublikasikan BI termasuk bagaimana kira-kondisi ke depan,” tandasnya.

Diketahui, dalam acara temu responden, juga dirangkaikan dengan diskusi terkait tema tersebut diatas.

Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh tamu dan peserta melakukan cek antigen.

Kegiatan pun turut meriah dengan dihadirkannya penyanyi cebolan Indonesian Idol Ainun Idol, dan ada juga doorprize untuk para responden yang hadir.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s