Ekonomi & Bisnis

PLN Dukung Pengembangan Kelistrikan Pulau Bangka

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Dalam rangka pengembangan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang, PLN siap berkoordinasi serta melakukan sinergi bersama pihak terkait dalam mengawal program kerja pengembangan kelistrikan untuk mendukung sektor pariwisata di Sulawesi Utara.

Kesempatan kali ini PLN bersama dengan Kemenparekraf serta beberapa instansi terkait melakukan survey lapangan untuk melihat kondisi salah satu Sub Kawasan Utama/Key Tourism Area yaitu Pulau Bangka, Likupang.

Turut hadir mewakili Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Sartin, dan Asisten Deputi SDM Parekraf, Hermin Esti Setyowati beserta jajarannya.

Ikut juga dalam rombongan beberapa perwakilan Kementerian Pusat serta Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Mewakili pihak PLN sendiri hadir Manager PLN UP3 Manado, Andre Lengkong.

Sartin menjelaskan bahwa pihaknya langsung datang saat ini ke Pulau Bangka setelah mendengar bahwa Pulau tersebut menyimpan potensi besar untuk bisa diangkat menjadi destinasi wisata.  

“Semoga dalam waktu yang tidak lama lagi seluruh Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang telah ditetapkan oleh Presiden, salah satunya DPSP Likupang ini dapat terselesaikan. Karena targetnya pada tahun 2023 semuanya harus sudah selesai” sambut Sartin. 

Dalam keterangannya Andre menjelaskan bahwa PLN sudah melayani kelistrikan yang ada di Pulau Bangka yang terdiri dari 4 Desa, yaitu Desa Ehe, Kahuku, Libas, dan Lihunu.

“Saat ini PLN terus memberikan pelayanan yang lebih optimal dalam menunjang Pulau Bangka, ke depannya akan kami kembangkan secara bertahap sejalan dengan program dari pemerintah pusat” sambut Lengkong.

“Kami harapkan juga agar masyarakat dapat membantu PLN dalam menjaga infrastruktur kelistrikan dengan memperhatikan tanaman serta pohon yang sudah menyentuh jaringan listrik agar dapat dirabas, sehingga tidak akan mengganggu proses suplai listrik ke rumah masyarakat” tambah Lengkong.

PLN melayani Pulau Bangka dengan mengoperasikan pembangkit listrik berdaya mampu 220 kW, Beban Puncak 146 kW, dan Cadangan Daya sekitar 59 kW. Untuk listriknya sendiri didistribusikan dengan adanya trafo distribusi berkapasitas 200 kVA, SUTM 11,856 kms, SUTR, 4,325 kms, dengan jumlah pelanggan 520 pelanggan.

Untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan PLN, dapat melalui Aplikasi PLN Mobile yang dapat di unduh di Playstore atau Appstore. Semua Layanan hanya dalam satu genggaman, dengan PLN Mobile Semua Makin Mudah.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s