Minahasa

Sorongan Lantik Pengurus Koperasi Maesa Mitra Jaya, Herli Walandouw Optimis Jadi Koperasi Berbasis Digital

Minahasa – Pengurus dan Pengawas Koperasi Produsen Maesa Mitra Jaya, Kamis (14/10) dilantik dan di kukuhkan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Sulut Ir Ronald Sorongan, M.Si bertempat di gelar di Kantor Koperasi Produsen MMJ Desa Tountimomor Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa.

“Kami berharap koperasi ini boleh dapat menjalankan tugas fungsi koperasi yang ada dimana berpedoman pada undang – undang No. 25 tahun 1992 tentang koperasi, serta Undang – undang cipta kerja No. 11 turunannya PP No. 7 tahun 2021 tentang perlindungan oleh pemerintah,” kata mantan Sekda Minahasa ini.

Terkait dengan Koperasi disulut saat ini yang terdata adalah 6.831 koperasi, namun yang Aktif ada sekitar kurang lebih 3821koperasi, sementara yang tidak aktif kurang lebih 902 koperasi.

Dirinya berharap dengan dikukuhkannya Koperasi Produsen Sereh Wangi Maesa Mitra Jaya ini, akan menjadi tanda keberhasilan koperasi disulut dan tentu akan menjadi contoh bagi koperasi lain yang ada di Sulut.

“Pengurus dan pengawas Koperasi ini didalamnya ada 2 profesor, ada mantan menteri, oleh sebab itu atas nama Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven OE. Kandouw, berharap koperasi ini boleh jadi contoh bagi koperasi di Sulut, adanya kerjasama PGI pada usaha sereh wangi ini bisa jadi kebanggaan,” tutup Sorongan.

Sementara itu, Ketua Koperasi Maesa Mitra Jaya, Herli Walandouw, didampingi Sekretaris Meigi Refky Moningka, menyampaikan ucapan syukur telah terbentuk Koperasi Produsen Maesa Mitra Jaya.

“Koperasi ini harapan kedepan akan semakin luar biasa, dapat melangkah menjadi Koperasi berbasis Digital, dan bertekad akan bersama sama terus mengembangkan daerah Minahasa khususnya provinsi Sulut pada umumnya.” kata Walandouw.

Dijelaskannya, Sereh Wangi yang nama latinnya adalah Cymbopogon Nardus, adalah sebagai campuran aroma terapi, selain sebagai produk biofull, air sereh wangi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai energi terbarukan, punya nilai kontraknya, ada harga dasar, tanaman industri tidak seperti tanaman lainnya.

“Sereh wangi ini dapat mendongkrak harga untuk kesejahteraan petani,” jelasnya.

Berikut Struktur pengurus Koperasi produsen Maesa Mitra Jaya yang baru dikukuhkan. Sbb;

Pengurus Koperasi Ketua : tuan Herli Walandouw, Wakil Ketua : DR H.Noldy Palengkahu, M.Pd, Sekretaris : Meigi Refky Moningka, Bendahara 1 : Michael Joost Walandouw, Bendahara 2 Reynie Fero Walandouw .

Pengawas : tuan Deimer Prof.DR Perry Rumengan, Theodorus Fransisco, Refdonal BSC, Sammy Broery Yusuf Legi, Novly Geret Wowiling. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s