Ekonomi & Bisnis

BRI Berdayakan Kluster Usaha Lewat Campaign ‘BRIlian Sahabat UMKM’

SULUTNEWSTV.com, MANADO – BRI Regional Manado melakukan pembiayaan dan pemberdayaan kepada para pelaku UMKM lewat campaign ‘BRIlian Sahabat UMKM’, Jumat(15/10) di Area Parkir Regional Office Manado.

“Fokus kepada pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus konsisten dilakukan oleh BRI Regional Manado. Melalui relationship manager segmen mikro atau biasa disebut Mantri, BRI Regional Manado yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Mantri melakukan pembiayaan hingga pemberdayaan kepada para pelaku UMKM,” kata Regional CEO BRI Manado John Sarjono.

Berbagai produk unggulan dapat ditemukan disini mulai dari cakalang fufu, aneka kue, cilok, kerupuk dan keripik, serta hasil kebun seperti buah pisang, jagung dan lainya.

“Kegiatan yang melibatkan klaster usaha UMKM ini dihadirkan untuk mendorong penjualan produk unggulan mereka. Klaster usaha adalah kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya menyebut, BRI sebagai bank yang berfokus di segmen UMKM, melakukan pemberdayaan kluster usaha untuk dapat meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan usahanya.

“Kami melakukan community approach dengan memberikan pembinaan literasi bisnis dan digital sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha mikro melalui para Mantri dengan memperhatikan berbagai aspek mulai dari kualitas SDM, teknologi, potensi pasar, networking, inklusi hingga pelatihan,” urainya.

Diketahui, BRI memberdayakan berbagai macam klaster usaha. Hingga saat ini, total jumlah yang sudah menerima literasi bisnis berbasis digital mencapai lebih dari 913 klaster binaan dengan total anggota mencapai 14.296 orang.
Angka ini akan terus bertambah sebagai bentuk komitmen BRI dalam memberi makna Indonesia.

“BRI Regional Offfice Manado akan terus berupaya mengambil bagian dalam mengembangkan pertumbuhan usaha mikro dengan memberikan pembinaan, pelatihan, bantuan sarana dan prasarana, hingga financial advisory melalui para mantri serta memberdayakan kluster usaha agar dapat menjadi embrio UMKM serta para pelaku UMKM dapat tetap tumbuh di masa pandemi,” tambahnya.

Adapun, dalam kegiatan ini, BRI Regional Manado juga memberlakukan mekanisme pembayaran cashless transactionselama proses jual beli produk.

Berbagai sistem bayar yang dapat digunakan di antaranya adalah QRIS dan BRImo. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19. Beberapa peserta bazar mengaku senang dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Kartini Jaya, anggota Klaster Aneka Kue mengatakan bahwa BRI total dalam mendampinginya dalam mengembangkan usaha. Dia berharap agar acara seperti ini dibuat mingguan saja.

“Luar biasa antusiasnya, semua kue yang saya bawa habis, bahkan sampe preorder. Terima kasih Mantri BRI yang telah mengajak kami meramaikan acara ini. BRI keren lah,” terang salah satu pelaku usaha dari Bazar Klaster Mantriku.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s