Olahraga

Kandouw Lantik Ri-Do Sebagai Ketua KONI Kota Manado

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Utara drs Steven O.E Kandouw, melantik Rio Dondokambey (Ri-Do) sebagai ketua Harian KONI Kota Manado bersama jajaran pengurus KONI Kota Manado masa bakti 2021-2025 di Youth Center Kawasan Megamas, Selasa(26/10).

Diketahui, Youth Center Kawasan Megamas juga ikut diresmikan Kandouw menjadi sekretariat KONI kota Manado.

Dalam sambutannya, Kandouw mengucapkan selamat kepada pengurus KONI kota Manado yang baru, yang diketuai oleh Rio Dondokambey.

Wakil Gubernur Sulut itu pun turut berbangga atas prestasi dari para atlit utusan dari Manado, yang sudah berlaga pada pada PON XX di Papua beberapa waktu yang lalu. Sehingga, beberapa prestasi pun diraih lewat beberapa cabang olahraga (cabor).

Dikatakan Kandouw, Manado merupakan kota yang notabene mempunyai segudang atlit.
Menurutnya, menjadi tugas dari pengurus KONI kota Manado yang baru, agar fokus mempersiapkan para atlit yang akan dan sementara direkrut.

“Pertama saya bangga dan senang dengan kehadiran para atlit yang sudah mengharumkan nama Provinsi Sulut pada ajang PON XX Papua 2021 baru-baru ini. Kami para jajaran pengurus KONI Provinsi Sulut mengucapkan selamat kepada Bung Rio yang barusan saja dilantik bersama jajaran pengurus KONI kota Manado. Saya optimis KONI Kota Manado dapat menjadi fasilitator perkembangan olahraga. Pertama, olahraga harus jadi alat pemersatu bangsa, kedua olahraga sebagai alat untuk mengharumkan nama daerah khususnya Bumi Nyiur Melambai,” ungkap Kandouw.

Dirinya pun mengungkap olahraga di daerah milenial punya segmen lain yang berlaku di Kota Manado.

“Ya, olahraga bisa menjadi sport tourism. Diantaranya paralayang, terjun payung dan olahraga yang ada hubungannya dengan pariwisata. Lebih dari itu sebagai ikhtiar semangat dan hasrat jiwa untuk memperjuangkan sumber daya manusia (SDM) selain rohani intelektual juga spiritual,” Katanya.

Dirinya pun berpesan untuk KONI kota Manado agar berkonsentrasi dan komitmen di olahraga apa.

“Nanti kita tetapkan apa yang menjadi konsen di Kota Manado. Test case nya ada pada PORPROV 2022. Mari sama-sama bangun sinergitas antara Kota Manado dan pengurus KONI kota Manado, pengurus KONI Sulut dengan KONI kota Manado, agar berjalan dengan baik,” tambahnya menjelaskan.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Manado Rio Dondokambey menyampaikan sujud syukur karena hari ini (Selasa(26/10), red) bisa dilantik.

“Setelah penantian panjang, SK keluar 2 bulan. Sudah menjadi proses yang cukup panjang. Dan kita yakini, apa yang dipersiapkan dengan baik dan tidak buru-buru pasti baik hasilnya,” Ungkapnya.

Menurutnya, sebagai pengurus yang baru saja dilantik, perlu melihat hal-hal yang bagus dan perlu ditingkatkan, dan apa yang perlu diperbaiki, maka diperbaiki.

“Tadi kita sudah mendengar arahan dari Ketua KONI Sulut yakni kita mesti fokus pada cabor apa. Dan lainnya, pada sport tourism, ini sudah menjadi tugas kita bersama untuk melihat peluang yang ada. Dan kami komitmen, pada 2024 nanti, KONI kota Manado bisa mencetak atlit yang baru untuk dikirim berlaga,” Ujar Ri-Do.

Meski begitu, Rio bilang fokus pada Cabor bukan pula mengesampingkan cabor nasional lainnya, tetapi bagaimana kita bisa menciptakan atlit lagi pada cabor lainnya.

“Ingin saya sampaikan terimakasih kepada rekan-rekan yang sudah bersedia untuk dilantik dan bersedia di dalam KOMI kota Manado,” ucapnya.

Diketahui, selain dilakukannya pelantikan pengurus KONI kota Manado, Ketua KONI Sulut juga meresmikan sekretariat KONI Manado yang merupakan Youth Center Kawasan Megamas.

“Perlu kita tahu bahwa. Sekretariat KONI kota Manado adalah sekretariat paling mewah dari yang lainnya. Dan sebisa mungkin kita harus bisa merawat sekretariat ini,” Harapnya.

Diketahui, pelantikkan pengurus KONI kota Manado juga dirangkaikan dengan penyerahan bonus kepada atlit kota Manado yang menang pada PON XX Papua 2021 oleh Pemerintah kota Manado.

Hadir dalam giat Wali kota Manado Andrei Angouw, Wakil Wali Kota Manado dr Richard H.M Sualang, Ketua TP-PKK Kota Manado Ny Irene G. Angouw-Pinontoan, Sekretaris TP-PKK Kota Manado dr Merry Sualang-Mawardi, S. pA, sekkot Manado Mickler Lakkat, unsur forkopimda kota Manado, para atlit dan pelatih kota Manado.(gabby)

Categories: Olahraga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s