Minahasa Tenggara

Insentif Terancam Mokonsolang : Tak Mau Divaksin, Pemdes Siap-siap Diganti

Mitra, SULUTNEWSTV.com- Nada tegas dikumandangkan salah satu birokrat Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Arnold Mokonsolang. Kali ini terkait percapatan program vaksinasi bagi warga dalam hal keikut sertaan perangkat desa untuk divaksin

Tak main-main, sanksi tegas bakal menanti jika ada perangkat desa maupun BPD yang menolak untuk mengikuti program vaksinasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mitra ini menegaskan, sebagai pemberi contoh bagi warga serta menjadi tolak ukur ialah kesiapan perangkat desa itu sendiri untuk siap disuntik vaksin.

“Jika ada perangkat yang tidak ingin divaksin tanpa alasan tertentu, kami mengimbau setiap Hukum Tua (Kepala Desa) untuk mengganti perangkat ataupun BPD tersebut,” tegas Mokonsolang dikantornya, Senin (01/11/21).

Dijelaskannya, kendala dalam program vaksinasi hanya jika pada hasil pemeriksaan kesehatan memiliki penyakit dalam, atau tak layak vaksin. Tentunya dengan melampirlkan surat keterangan dari petugas kesehatan setempat.

Tak hanya diganti lanjut Mokonsolang, pemberian insentif perangkat juga bakal tak direalisasikan, dan pemde tersebut dianggap tidak bekerja maksimal dalam upaya memutus mata rantai Covid.

“Pemerintahkan pemberi contoh dan acuan bagi warga. Vaksin itu penting. Bukan hanya keperluan saat pelayanan pengurusan dokumen di kantor, namun juga untuk kesehatan,” terangnya.

Disisi lain pihaknya berharap serta mengimbau setiap Hukum Tua, agar terus mengenjot program vaksinasi sesuai target tiap-tiap desa
dalam rangka menetapkan jumlah sasaran dan raport capaian presentasi masing-masing.

“Kerja sama perangkat desa untuk memberi edukasi bagi warga sangat penting, agar November nanti boleh capai vaksinasi hingga 80 persen. Yang terpenting itu perangkat desa dan BPD harus divaksin agar boleh menciptakan rangsangan bagi warga,” tandasnya. (Baim)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s