Ekonomi & Bisnis

PLN Sambung Listrik Gratis Keluarga Pra-Sejahtera di Momen Hari Listrik Nasional ke-76

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Momen peringatan Hari Listrik Nasional ke-76 Tahun 2021 menjadi sarat makna dengan disalurkannya Program Tanggung Jawab Sosial berupa hasil donasi Peserta Lomba PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021.

PLN Mobile VCRR merupakan Lomba Lari dan Bersepeda yang digelar oleh PLN dengan total jarak lari dan bersepeda peserta lomba kemudian dikonversi menjadi donasi amal untuk penyambungan listrik gratis bagi masyarakat pra-sejahtera.

Lomba PLN Mobile VCRR 2021 ini dilaksanakan di sejumlah daerah di seluruh Indonesia dan tidak terkecuali di wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo.

Total sebanyak 100 Kepala Keluarga menjadi penerima bantuan di wilayah kerja PT PLN (Persero) UP3 Manado yang di antaranya sebanyak 74 Kepala Keluarga penerima bantuan tersebar di Kabupaten Minahasa.

Dalam penyerahan bantuan kepada salah satu Kepala Keluarga penerima bantuan, turut hadir juga W. Gautama selaku Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum mewakili General Manager PLN UIW Suluttenggo bersama jajaran dan Lieke R. Pangow, ST selaku Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Minahasa mewakili Bupati Kabupaten Minahasa.

Denti Manorek sebagai salah satu Kepala Keluarga penerima bantuan Penyambungan Listrik Gratis mengungkapkan rasa terima kasih dan bahagianya karena menjadi salah satu penerima bantuan listrik gratis.

Sebelumnya Ia hanya bisa menikmati listrik dengan menyambung dari tetangga dan merasa kesulitan karena listrik yang bisa digunakan sangat terbatas dan hanya bisa digunakan untuk penerangan saja.

Kini Ia bisa memanfaatkan listrik yang ada tidak hanya untuk penerangan secara terbatas tapi bisa menunjang anak-anak dalam belajar di rumah.

Dirinya berharap penyambungan listrik gratis dari PLN ini dapat turut menunjang usaha peternakan ayam yang ada di rumahnya sehingga berdampak meningkatkan keadaan ekonomi keluarga.

“Semoga program ini juga dapat disalurkan pada keluarga yang lain yang juga membutuhkan bantuan listrik gratis,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

“Terima kasih kepada PLN yang sudah memberikan bantuan penyambungan listrik. Terima kasih juga kepada seluruh anggota Virtual Charity Run And Ride 2021,” tutupnya sumringah.

W. Gautama dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan penyambungan listrik gratis ini merupakan upaya insan PLN dalam memaknai Hari Listrik Nasional ke-76 Tahun 2021 dengan donasi dari peserta hasil kegiatan lomba lari dan bersepeda secara virtual.

Donasi yang terkumpul ini kemudian disalurkan kepada Keluarga-keluarga prra-sejahtera yang belum mendapatkan listrik.

“Semoga bantuan listrik ini bisa lebih membantu anak-anak dalam belajar dan bermanfaat serta bisa membantu rencana keluarga dan usaha kerjanya,” ujarnya.

“Mudah-mudahan bisa membantu usaha peternakan ayam keluarga karena kita tahu bersama bahwa usaha peternakan ayam sangat membutuhkan aliran listrik untuk lampu dalam membantu penetasan telur ayam. Dan juga semoga bantuan listrik ini dapat ikut menggerakan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Minahasa,” tutup Gautama.

Lieke R. Pangow, ST mewakili Bupati Kabupaten Minahasa turut mengapresiasi gerakan bantuan donasi dari VCRR 2021 PLN sebagai bukti komitmen PLN menjadikan tenaga listrik untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mendorong kegiatan ekonomi serta turut menjalankan kegiatan yang berwawasan lingkungan khususnya di Kabupaten Minahasa.

Apresiasi juga ditujukan bagi upaya PLN dalam menyelaraskan tiga aspek penyediaan listrik yakni, ekonomi, sosial, dan lingkungan lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Untuk itu kegiatan saat ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk dapat menikmati listrik secara langsung dari PLN dan terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa”, ungkap Lieke.

Pada tahun sebelumnya, gelaran kegiatan PLN VCRR 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,1 miliar yang juga turut digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8 ribu keluarga pra-sejahtera di seluruh Indonesia.

Berbagai Program menarik lainnya dan info seputar kelistrikan dapat langsung diakses dari Aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s