Ekonomi & Bisnis

Terus Dukung, BRI Fasilitasi QRIS dan KUR Untuk Pedagang Pasar di Tanawangko

SULUTNEWSTV.com, BITUNG – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Wilayah Manado terus memberikan dukungan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya pedagang di Kawasan Pasar Tanawangko yang merupakan salah satu pasar terbesar di pusat Kota Manado, Sulawesi Utara.
Bersama dengan

Dukungan diberikan dalam bentuk pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan digitalisasi pembayaran non tunai melalui Guick Respon Indonesian Standar (QRIS).

Regional CEO BRI Manado, John Sarjono mengatakan pasar merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat.

Oleh karenanya, BRI hadir untuk terus mendukung aktivitas ekonomi pasar khususnya pasar yang ada di Tanawangko saat menghadapi pandemi agar aktivitas pasar tetap berjalan sesuai dengan protokol Kesehatan, sehingga ekonomi tetap tumbuh.

“Apalagi kita juga fasilitasi para pedagang dengan ORIS BRI, sehingga mereka dapat menjalankan usaha dengan aman dan dapat melayani para konsumen dengan nyaman,” ujar Sarjono kepada sulutnewstv.com, Jumat(5/11).

Diketahui, Bank BRI melalui BRI Kantor Cabang Manado dan BRI Unit Tombariri membantu pedagang pasar berupa bantuan modal KUR Mikro dengan Plafond diatas 10 juta hingga 50 juta, dan KUR Super Mikro dengan plafon hingga 10 juta, serta diberikan suku bunga 696 pertahun.

“Saat ini dari total 174 lapak, terdapat sekitar 65 pedagang di Kawasan pasar Tanawangko , dan sekitar 38 Pedagang sudah kami fasilitasi KUR dengan total penyaluran lebih dari 1 Milyar,” sebutnya.

Selain itu sebagai upaya implementasi digitalisasi transaksi Bank Indonesia, Sarjono bilang Bank BRI juga memfasilitasi seluruh pedagang di Pasar Tanawangko untuk menggunakan ORIS sebagai media pembayaranya.

“Hal ini kami lakukan dalam rangka mendorong transaksi cash/ess, apalagi saat ini kebanyakan masyarakat telah menggunakan smartphone dan mempunyai e-wallet seperti Link Aja, Gopay, Ovo dil,” tambahnya menjelaskan.

Kata dia, transaksi dengan ORIS lebih efesien dan aman, karena setelah transaksi uang bisa masuk secara langsung ke rekening pedagang.

“Artinya mereka sudah tidak perlu datang lagi ke bank untuk setor uang tunai lagi, karena uang masuk secara otomatis dan juga dapat mengetahui riwayat dari transaksinya,” tandasnya.

Adapun penyaluran KUR dan implementasi ORIS di kawasan pasar Tanawangko dilakukan oleh BRI Kantor Cabang Manado melalui BRI Unit Tombariri dan didukung penuh oleh Kantor Wilayah BRI Manado.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s