Minahasa

[VIDEO] Pemkab Minahasa Menuju Smart City

Tondono -Setelah dilaksanakan selama empat tahapan. Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Menuju Smart City yang dilaksanakan Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Kabupaten Minahasa bekerjasama dengan Kementrian Kominfo RI akhirnya selesai.

Berakhirnya Bimtek tersebut ditandai dengan penandatanganan komitmen seluruh kepala OPD atas dukungan Smart City pada acara penutupan Selasa (09/11) di Aula Benteng Moroya.

Bupati Minahasa Royke O Roring melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo, mengatakan terpilihnya Kabupaten Minahasa bersama 48 kab/kota di Indonesia, dalam program smart city patut disyukuri.

“Kesempatan dan kepercayaan maupun peluang yang diberikan harus didukung dengan antusiasme dan sinergitas semua pihak,” kata Talumewo.

Diharapkannya setiap program pemerintah harus bermanfaat langung kepada masyarakat karena Smart City bukan lagi pilihan tetapi wajib dijalankan, karena pembangunan setiap pemerintah daerah harus menggunakan konsep smart city.

“Smart city itu merupakan konsep pembangunan pemerintah daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi, agar masyarakat merasakan aman, nyaman, mudah, sehat, makmur. yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan meningkatkan partisipasi masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi mengatakan, smart city Kabupaten Minahasa berlaku tahun 2022.

“Dari bimtek ini, maka sudah didapat kerangka utama (master plan) smart city. Master plan ini selanjutnya akan ditanda tangani Bupati dan diperdakan, kemudian diberlakukan awal 2022,” kata Tumundo.

Bukan hanya fasilitasi, dengan sudah menyusun master plan maka Kabupaten Minahasa bersama 48 daerah lainya akan memperoleh dana insentif daerah milyaran rupiah.

“Anggaran itu diprioritaskan untuk membangun jaringan, sarana prasarana, pengembangan aplikasi hingga inovasi pelayanan,” ujarnya. seraya menegaskan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman yang sudah ditandatangani oleh Bupati Minahasa dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI.

Sementara itu, tenaga ahli sekaligus pembimbing Smart City, Andrari Grahitandaru Msc, Ir memaparkan,
mengapa dilakukan pembimbingan, karna smart city adalah program Kominfo RI dengan prioritas utama pelaksanaan transformasi digital.

“Smart city adalah konsep pembangunan berkelanjutan dan daya saing dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi sehingga masyarakat merasakan aman, nyaman, mudah, sehat dan makmur. Konsep pembagunan smart city bukan lagi pilihan tapi sebuah keniscayaan. Dan OPD yang bertugas mendukung smart city ini adalah dinas kominfo, “ujarnya.

Kata Andrari, smart city Minahasa tidak sendiri namun bersama dengan Kab Minahasa Utara yang terintegrasi dengan satu kawasan prioritas nasional yakni, Kawasan Ekonomi Krearif (KEK). ” Prinsipnya bagaimana Minahasa dan Minut bisa berkolaborasi dan melakukan inovasi bersama. Nantinya, semua layanan publik wajib mengunakan sistem elektronik. Dengan demikian transformasi digital dan semua layanan publik wajib terjaga, “paparnya.

Lanjut Andrari, dalam membangun kota pintar ada enam pilar, yaitu smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding.

Turut memberikan sambutan Koordinator Tenaga Ahli Smart City Andrari Grahitandaru MSc, dan dihadiri pula oleh para Pembimbing Smart City Ir Tonny Hanif MSc, Putu Ananda Sanjiwani Saskita SIP dan Auditor Kementerian Kominfo RI Yohanes Rico Ananda Putera. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s