Minahasa Selatan

Desa Kapoya satu, fokus bangun jalan sentra Produksi

Minsel, Sulutnewstv.com – Pengelolaan Dana desa tahan II, tahun anggaran 2021 desa Kapoya satu, Kecamatan Suluun Tareran, di prioritaskan pada pembangunan jalan sentra produksi.

Kepada media, hukum tua desa Kapoya satu Lanno Rarung, saat di temui menjelaskan, jalan sentra produksi ini merupakan jalur arteri, bagi para petani. Tak heran ketika dalam musdes, ini menjadi skala prioritas, yang di putuskan bersama.

“Dengan demikian, bagi kami, wajib hukumnya untuk di realisasikan. Tentunya setelah, semua proses tahapan, telah di lalui. Degan mengacu pada ketentuan serta peraturan yang berlaku. Seperti, proses RKpedes dan di akhiri dengan di tuangkannya pada Apebedes,” tutur Rarung.

Lebih lanjut di katakan Rarung, pembangunan jalan sentra produksi ini, dengan ukuran panjang kurang lebih 200 M, dan lebar 3 M, serta anggarannya di bandrol, Rp. 96 Juta, pengerjaanya masih dalam proses penyelesaian.

Dia pun berharap, dengan di bangunnya jalan sentra produksi ini, petani semakin di permudah membawa hasil pertanian mereka. Di sisi lain akan meringankan beban, ongkos, dalam membawa hasil produksi petani. ” Tujuannya, agar taraf hidup perekonomian warga petani terjadi peningkatan,” tutup Rarung

Sementara Ketua BPD, Fontje Runtuwarow MAP. menyatakan hal senada. Pembangunan jalan sentra produksi ini, sudah sesuai mekanisme. Bahkan dalam realisasinya kami terus Malakukan pengawasan. Agar terhindar dari penyimpangan atau hasilnya tidak sesuai bestek.

“Dan apa yang di kerjakan sudah sesuai dan baik. Saya atas nama pengurus BPD menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa, atas kinerja yang sudah di tunjukan selama ini,” ungkapnya.

Dengan di bangunnya jalan Sentra produksi ini, juga mendapat apresiasi dari petani yang merasa aspirasi mereka di dengar. Fiktor Piyai, warga desa Kapoya satu, menuturkan, jalan sentra produksi sangat membantu kami, bahkan akses jalan ini memberikan motifasi bagi kami petani, untuk lebih bekerja keras lagi dalam rangkah, meningkatkan hasil produksi.

Pernyataan senada di sampaikan Donal Laoh, warga yang sama. “Kita cuma mo sampaikan terima kasih kepada pemerintah, bapak Bupati Frangky Donni Wongkar, SH dan pak wakil Petra Yanni Rembang, M.Th, serta pemerintah desa, Kumtua, bapak Lanno Rarung yang sudah membangun akses jalan untuk petani,” ungkapnya. (Christian)

Categories: Minahasa Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s