Bitung

Latgulbencal Resmi di Tutup, Korem 131/Santiago Sempatkan Berbagi Banpres di Bitung

SULUTNEWSTV.com, BITUNG – Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal ) Korem 131/Santiago yang dilaksanakan mulai tanggal 8  s – d 12 Nobember 2021 telah berakhir ditandai dengan upacara penutupan, pelaksanaan latihan  bertempat di Lapangan Stadion 2 Saudara Kota Bitung, Jumat (12/11).

Upacara penutupan latihan penanggulangan bencana alam, bertindak sebagai Inspektur Upacara Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, M.I.P yang diwakili Kasiops Kasrem 131/Stg, Letkol Inf Aris Windarto dan sebagai  Komandan upacara Mayor Inf Hardi Gue.

Dalam Sambutanya  Danrem 131/Santiago yang dibacakan oleh Kasi Ops Kasrem 131/Santiago mengatakan, Kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang telah kita laksanakan ini merupakan program kerja Korem 131/Santiago yang di keluarkan dalam bentuk direktif latihan.

Sebagai upaya untuk melatih dan meningkatkan kemampuan seluruh peserta latihan dalam merencanakan suatu operasi bantuan kepada pemerintah daerah untuk mengantisipasi situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah.

“Dalam menanggulangi bencana alam yang akan terjadi sehingga dapat mengintregasikan semua kemampuan yang dimiliki untuk menghadapi kemungkinan terjadinya hal-hal yang akan timbul terkait bencana alam di wilayah jajaran Korem 131/Santiago”, Ujar Danrem.

Latihan yang telah di laksanakan ini kiranya dapat memberikan gambaran kepada kita semua tentang bagaimana prosedur hubungan Komandan dan Staf, Pengendalian Operasi serta semua unsur yang terkait, dapat berkoordinasi dengan baik dalam memperoleh data tentang situasi wilayah/daerah yang berpotensi rawan bencana alam.

“Selama 5 hari peserta latihan telah mengikuti Latihan Penanggulangan Bencana Alam dengan penuh semangat dan disiplin yang tinggi, sehingga seluruh rangkaian kegiatan latihan dapat diselesaikan dengan baik, mulai dari drill teknis, drill taktis dan drill tempur. Semua ini dapat di selesaikan dengan tertib dan lancar tentunya berkat usaha dan kerja keras dari para peserta latihan. Dengan berakhirnya latihan ini para peserta telah memperoleh tambahan bekal ilmu walaupun belum dapat dikatakan sempurna, namun berbagai materi yang telah dilatihkan selama latihan ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas di masa mendatang. Dan saya berharap agar semua materi yang telah diperoleh dapat diterapkan secara aktual dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, khususnya di saat memberikan operasi bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka memberdayakan wilayah pertahanan maupun dalam rangka Civic mission sebagai bentuk pelaksanaan tugas operasi militer selain perang (OMSP),” jelasnya.

Usai upacara penutupan latihan  Korem 131/Santiago menyalurkan bantuan berupa beras 100 karung yang dikemas dalam  10 kg perkarung  dari Presiden Republik Indonesia   kepada  masyarakat Kota Bitung yang terdampak covid 19 secara simbolis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, Kapolres Bitung Akbp Alam Kusuma, S.I.K., S.H., M.H., AKBP Pol Maringka (Wadir Polairud Polda Sulut)  Sekretaris Daerah Kota Bitung Dr. Drs. Audy Pangemanan, AP, M.Si, Kabbag umum Bassarnas Manado Bapak Ludianto, Kalaks BPBD Kota Bitung Ibu Fivy Kadeke, S.E, Para Kabalak aju rem 131/Stg.

Selama upacara penutupan berlangsung tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan Covid -19.(gabby)

Categories: Bitung

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s