Minahasa

Pertama di Sulut, Pemkab Minahasa Terapkan QR Code Peduli Lindungi di kantor Bupati

Tondano – Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 tanggal 12 November 2021, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kesehata melakukan serangkaian kegiatan sehubungan dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Minahasa.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini diawali launching pemasangan QR (Quick Respond) Code Peduli Lindungi di pintu masuk dan keluar Kantor Bupati Minahasa, Jumat (12/11).

Plt. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Riviva Maringka, M.Si selaku ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, didampingi Kadis Kesehatan dr. Maya Rambitan, M.Kes, menyampaikan Tujuan dipasangnya QR Code Peduli Lindungi di Kantor Bupati Minahasa adalah untuk memperkuat upaya penurunan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Minahasa yang diharapkan selanjutnya akan diikuti oleh semua pengelola area publik di Kabupaten Minahasa.

Saat melakukan scan QR Code, akan muncul 4 kategori warna yang memiliki arti berikut ini:

  1. Warna hitam: pengunjung terdata sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk.
  2. Warna merah: pengunjung belum divaksinasi Covid-19 atau bisa juga pengunjung dalam kondisi terpapar atau kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk.
  3. Warna kuning atau orange: pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung diperbolehkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.
  4. Warna hijau: pengunjung sudah divaksinasi lengkap dan memiliki status aman. Warna hijau diperbolehkan masuk.

Selain itu Pemkab Minahasa juga melakukan terobosan pelaksanaan vaksinasi melalui pencarian sasaran dari rumah ke rumah oleh tim lintas sektor di kecamatan, kelurahan/desa dan pembukaan gerai vaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa.

Melalui semua kegiatan tersebut, Maringka berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi secara lengkap dan meningkatkan cakupan vaksinasi di Kabupaten Minahasa.

Maringka juga meminta dukungan, partisipasi serta kerja sama dari seluruh komponen masyarakat untuk bersama bahu-membahu dengan semangat mapalus mensukseskan vaksinasi dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sampai kekebalan komunitas (herd immunity) tercapai di Kabupaten Minahasa. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s