Tomohon

Kembali Ukir Prestasi, Pemkot Tomohon Sabaet Penghargaan Swasti Saba Wistara

Tomohon – Berhasilnya Pemerintah Kota Tomohon meraih penghargaan Kota sehat kategori Swasti Saba Wistara tak lepas dari peran penting Wali Kota Senduk SH dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE membawa Kota Tomohon menuju Kota Sehat sehingga meraih penghargaan tersebut, yang merupakanpenghargaan Kota Sehat tertinggi.

Penghargaan diterima Wali Kota dan Wakil Qali Kota secara daring, yang dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon, Rabu (17/11/21).

Diketahui, penyelenggaraan Kota sehat merupakan kegiatan untuk mewujudkan Kota sehat melalui pemberdayaan masyarakat melalui forum yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dikatakannya, Kota sehat adalah suatu kondisi Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintregrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Untuk diketahui penghargaan Kota Sehat yang telah diterima Pemkot Tomohon diawali tahun 2013 yang berhasil meraih penghargaan kategori Swasti Saba Padapa, selanjutnya 2015 meraih Swasti Saba Wiwerda, pada tahun 2017 berhasil meraih Swasti Saba Wistara, 2019 kedua kalinya meraih Swasti Saba Wistara dan tahun 2021 ini ketiga kalinya kategori Swasti Saba Wistara diperoleh Pemkot Tomohon.

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH bersama Wakil Walikota Wenny Lumentut SE mengatakan penghargaan yang diterima saat ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Tomohon, hal ini patut kita berbangga, karena di Indonesia hanya 25 Kabupaten Kota yang mendapatkan penghargaan Kota Sehat didalamnya Kota Tomohon, dan lebih lagi Kota Tomohon satu-satunya Kota di Sulawesi Utara yang mendapatkan penghargaan ini.

“Penghargaan ini adalah capaian yang luar biasa, apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Kota Tomohon yang selama ini senantiasa mendukung akan program ini sehingga berjalan sukses dan mendapat penghargaan,” ucap Caroll didampingi Wawali WL.

Pada kesempatan itu, Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Tomohon
untuk bersama-sama berupaya menciptakan lingkungan sehat yakni dengan terus membangun kesadaran, keseriusan dari seluruh komponen masyarakat dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

“Ciptakanlah lingkungan sehat dengan meneladani dan saling memotivasi penerapan budaya hidup sehat dilingkungan kita masing-masing,” tutur Caroll

Turut hadir pada kesempatan itu, ketua tim pembina Kota Sehat Drs Daniel Pontonuwu juga sebagai Kaban Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon, dr Deesje Liuw MBiomed sebagai tim pembina, Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Olga Karinda M Kes, Kaban Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi MAP, Inspektur Kota Tomohon Jeane Bolang SH MH, Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE MM bersama unsur terkait lainnya. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s