Minahasa

Tingkatkan Peran Serta Kepemudaan di Minahasa, Bagian Kesra Setdakab Gelar Rakor

Tondano – Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang sangat mahal dan bahkan tak ternilai harganya, kemajuan atau kehancuran bangsa dan negara tergantung pada para pemuda sebagai agen perubahan. Hal ini disampaikan Asisten I Setdakab Minahasa Drs. Riviva Maringka, MSi, didampingi Kabag Kesra Gritje Hartini Tamin, S. Sos saat membuka Rakor Peningkatan Peran Serta Kepemudaan di Kabupaten Minahasa, di Aula Benteng Moraya, Selasa (16/11)

“Keberadaan pemuda sebagai penerus bangsa dan memiliki peran penting dalam pembangunan haruslah memiliki suatu wadah atau tempat yang dapat mengembangkan kemampuan maupun kreativitas yang dimiliki para pemuda, pengembangan potensi yang di miliki pemuda merupakan sebuah aset atau harta bagi kemajuan wilayahnya,” kata Maringka.

Pembangunan di bidang kepemudaan merupakan mata rantai tak terpisahkan dari sasaran pembangunan manusia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya.

“Dengan adanya rapat Koordinasi peningkatan peran serta kepemudaan, kiranya dapat membentuk karakter pemuda dan meningkatkan keterampilan, kewirausahan, kemandirian dan kepeloporan serta partisipasi pemuda,” harap Maringka.

Sementara, Kadis Pemuda dan Olahraga, Jefri Sumendap Sajow, SH, menyampaikan keberhasilan pembangunan pemuda sebagai sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keunggulan daya saing, merupakan salah satu kunci untuk membuka peluang untuk keberhasilan di berbagai sektor pembangunan lainnya.

“Oleh karena itu, pembangunan kepemudaan dianggap sebagai salah satu program yang tidak dapat diabaikan dalam menyiapkan kehidupan bangsa di masa depan,” kata Sajow yang menjadi narasumber.

Dilanjutkan Sajow, pemuda merupakan aset bangsa yang perlu dikembangkan potensinya karena merupakan potensi bangsa di masa datang karena kalau tidak ditangani dengan baik maka akan menjadi penghambat pembangunan dan akan menjadi beban negara. Melalui generasi muda tentunya dapat melahirkan inspirasi untuk membangun kearah yang lebih baik dan dapat mengatasi berbagai kondisi dan masalah yang diperhadapkan kepada kita pada era reformasi saat ini .

“Pemuda atau generasi muda dapat memainkan peran lebih besar untuk mengawal dan berpartisipasi aktif terhadap jalannya reformasi dan pembangunan secara kreatif dan produktif,” jelas mantan Kadis PMD ini.

Hadir dalam kegiatan ini para Camat dan Sekcam di Kabupaten Minahasa, Kasubag kesejahteraan masyarakat Ferny Rondonuwu, S.Pt dan undangan lainnya. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s