Ekonomi & Bisnis

Ditugaskan Khusus, Airnav Indonesia Siap Dukung Kembangkan KEK Likupang Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Sebagai BUMN yang dipercayakan untuk mendukung program pengembangan salah satu destinasi pariwisata super prioritas, AirNav Indonesia berkomitmen untuk mendukung pelayanan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Minahasa Utara, bumi Nyiur Melambai.

Hal itu disampaikan Manajer Hubungan Masyarakat Airnav Indonesia Yohanes Hary Douglas saat media visit dengan para awak media di Manado, didampingi General Manajer Ainnav Indonesia Cabang Manado Danang Suseno, Kamis(25/11) di Kantor Airnav Indonesia Cabang Manado.

Sekadar diketahui, Pemerintah sudah menetapkan lima destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

KEK Likupang merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas yang dikembangkan di lahan seluas 197,4 Ha di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

“Peran AirNav dalam mendukung KEK Likupang sebagai destinasi pariwisata super prioritas khususnya dalam pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Sam Ratulangi, Manado,” ujarnya Manajer Hubungan Masyarakat Airnav Indonesia Pusat Yohanes Hary Douglas.

Yohanes bilang, Bandara Sam Ratulangi adalah akses masuk yang potensial bagi wisatawan maupun investor ke KEK Likupang, karena jaraknya hanya berkisar 33 km dengan waktu tempuh 1 jam.

Yohanes menyebut trafik penerbangan di Bandara Sam Ratulangi cenderung meningkat
pada 2021. Dimana, Oktober 2021, jumlah trafik mencapai 1.019 penerbangan, meningkat dari level terendah pada Agustus 2021 sejumlah 542 penerbangan.

“Diperkirakan tren penerbangan di Bandara Sam Ratulangi akan terus meningkat ke level sebelum pandemi Covid-19,” katanya.

Pada Januari 2020 misalnya, sebelum Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh pemerintah pada Maret 2020, jumlah trafik di Bandara Sam Ratulangi mencapai 2.059 penerbangan. Oleh karena itu, sambung Yohanes, AirNav yakin trafik berpotensi kembali ke atas 2.000 penerbangan sebulan.

Untuk mendukung layanan penerbangan di Bandara Sam Ratulangi, dan turut memajukan KEK Pariwisata Likupang, AirNav melakukan tiga jurus utama.

Pertama, menyediakan slot penerbangan. Saat ini trafik penerbangan harian di Manado masih di kisaran 35-45 penerbangan, sedangkan sebelum pandemi mencapai 80 penerbangan.

“Dengan masih banyaknya slot penerbangan yang tersedia, maka AirNav Indonesia siap memberikan pelayanan navigasi penerbangan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Manado”, jelas Yohanes.

Kedua, AirNav memberikan dukungan terhadap sport tourism, khususnya paralayang. Yohanes menyampaikan ada banyak spot paralayang di Manado.

“AirNav berkoordinasi dengan seluruh stakeholder penerbangan termasuk FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) dan pembuatan LOCA (Letter of Operational Coordination Agreement)”, ujar Yohanes.

Adapun tujuan pembuatan LOCA ini agar sport tourism dapat berjalan sekaligus keselamatan penerbangan juga terjaga. Hingga saat ini, sudah ada tiga LOCA yang diterbitkan.

Ketiga, Yohanes menambahkan, Airnav Indonesia menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa 7 Unit Gazebo yang akan ditempatkan di Pinggir Pantai Kinunang – Likupang.

“Program tersebut bekerja sama dan berkolaborasi dengan Kadis Pariwisata provinsi Sulawesi Utara, Bupati & Wakil Bupati Minahasa Utara, PT Perkebunan Nusantara XIV, dan masyarakat sekitar pantai,” tambah General Manager Airnav Indonesia Danang Suseno sembari mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di area bandara, agar tetap memperhatikan aktivitas yang dilakukan di area Bandara Samrat Manado.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s