Tomohon

Dukung Pelaku Usaha Industri, Wawali Lumentut Buka Kegiatan SIINas

Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Diseminasi Publikasi Data Informasi dan Analisa Industri Kabupaten /Kota melalui sosialisasi Sistem Informasi Industri Nasional ( SIINas) yang di buka oleh Wali Kota Tomohon, Wenny Lumentut SE.
Bertempat di AAB Guest House Tomohon, Jumat (26/11/21).

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon Ir. Ervinz Liuw, M.Si., Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah Disperindag Provinsi Sulawesi Utara dan Staf Statistik Produksi Badan Pusat Statistik Tomohon Ibu Zasya Safitri

Wawali saat membacakan sambutan Wali Kota menyampaikan, dalam rangka menerapkan kebijakan pengembangan industri yang baik dan sebagai dasar pembangunan industri nasional, maka diperlukan dukungan data dan informasi industri yang akurat, lengkap dan terkini. oleh karena itu kementerian perindustrian telah membangun suatu sistem informasi industri nasional (SIINas) berdasarkan undang-undang nomor 3 tahun 2014 dimana dalam peraturan tersebut menyatakan bahwa setiap perusahaan industri wajib menyampaikan data industri yang akurat, lengkap dan tepat waktu secara berkala kepada menteri perindustrian, gubernur dan bupati/walikota (pasal 64 ayat 1). Laporan data industri dimaksud disampaikan melalui aplikasi siinas, demikian juga bagi pemerintah daerah dalam hal ini gubernur, bupati/walikota harus menyampaikan laporan hasil. oleh karena itu setiap perusahaan diharuskan mampu menggunakan aplikasi siinas dengan memiliki akun siinas yang dapat dilakukan secara daring.

“Kami berharap agar para pelaku usaha industri di kota tomohon agar setelah mengikuti sosialisasi ini dapat mengimplementasikannya yaitu dengan mendaftarkan perusahaannya ke aplikasi siinas dan selalu melaporkan perkembangan industrinya secara berkala,” harap Wali Kota.

Lanjutnya, hal ini adalah bagian dari proses pembangunan sumber daya industri yang pelaksanaan pembangunannya terus digalakkan. karena industri kecil dan menengah adalah bidang strategis yang diharapkan cepat pulih menghasilkan dan meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan kerja dan industri kecil baru, sehingga terjadi peningkatan ekonomi masyarakat yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak pemulihan perekonomian indonesia.
membangun industri kecil dan menengah mengandung makna transformasi yaitu adanya perubahan kearah pembentukan masyarakat industri yang tangguh dan maju. apalagi di era industri 4.0, digitalisasi industri sangatlah penting. untuk menunjang perekonomian nasional maka perlu didukung dengan pembangunan perekonomian di daerah.
untuk itu pemerintah kota tomohon melalui dinas perdagangan dan perindustrian melaksanakan kegiatan ini dalam rangka menggairahkan kembali dunia usaha sekaligus membantu ikm untuk terus bergerak maju.

‘Saya berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar untuk menunjang industri kecil dan menengah dan menjadikan perindustrian yang ada di kota tomohon akan semakin berkembang, maju dan memberi dampak luas pada perekonomian daerah. Melalui pemutahiran data industri kecil yang ada di kota tomohon, nantinya akan di paparkan dalam bentuk profil industri kota tomohon, dan dengan penyediaan informasi data industri akan menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan kebijakan dari pemerintah kota tomohon,” harapnya juga.

Selanjutnya, ucapan terima kasih Wali Kota kepada panitia dan peserta yang telah mensukseskan kegiatan ini.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana kegiatan ini dan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga akan memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kegiatan usaha industri dan perdagangan yang ada di kota tomohon dan sekitarnya,” kata Wawali Saat bacakan sambutan Wali Kota.

Himbauan Wali Kota kepada pelaku usaha induatri agar segera mendaftarkan perusahaannya ke aplikasi SIINas.

“Saya juga menghimbau kepada seluruh pelaku usaha industri di kota tomohon agar mendaftarkan perusahaannya ke aplikasi SIINas dan selalu melaporkan perkembangan industrinya secara berkala,” himbau Wali Kota.

Hadir juga Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tomohon Ruddie Lengkong, S.STP., MAP, serta peserta yang merupakan utusan dari setiap Kelurahan. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s