Tomohon

Wakili Wali Kota, Pontororing Buka Kegaiatan Seleksi Calon Pekerja Migran Indonesia Kota Tomohon Ke – Jepang

Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon Mengadakan seleksi calon pekerja migran iIndonesia ke jepang, yang di buka langsung Asisten Perekonomian dan pembangunan Sekretari Daerah Kota Tomohon Ir. Enos Pontororing, M.Si.
Bertempat di Grand Master Resort, Rabu (8/12/21).

Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan Asisten II menyampaikan masalah ketenagakerjaan dari waktu ke waktu diperkirakan masih akan tetap diwarnai dengan tingkat pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi serta terbatasnya kesempatan kerja yang tersedia. kondisi ini disebabkan oleh faktor sosial, faktor ekonomi dan sosial budaya.

Berdasarkan data yang ada masih tingginya angka pengangguran di kota tomohon. bertambahnya lulusan slta dan sarjana setiap tahunnya tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja yang cukup, sehingga berakibat bertambahnya jumlah pengangguran. begitu juga dengan keinginan untuk menjadi PNS mengakibatkan kurang diminatinya pekerjaan-pekerjaan sektor informal yang sebenarnya memiliki peluang usaha yang baik untuk dikembangkan.

ditambah lagi dengan berkurangnya minat para pemuda menjadi seorang petani, padahal sektor pertanian memiliki potensi penyerapan tenaga kerja yang besar dan prospek yang menjanjikan.

Sesuai data tahun 2020 untuk penganggur terbuka di kota tomohon adalah sebanyak 4.416 orang atau 8,99% dari angkatan kerja sebesar 49.614 orang angka ini masih cukup tinggi sehingga diperlukan kerja keras serta kerjasama banyak pihak untuk dapat menurunkan pengangguran yang dimaksud.

dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut dinas tenaga kerja kota tomohon bekerja sama dengan lembaga pelatihan kerja (LPK) yang ditunjuk melaksanakan seleksi / penerimaan calon pekerja migran indonesia (CPMI).

Beliau menjelaskan, bagi pencari kerja yang memenuhi syarat akan mengikuti pendidikan dan pelatihan menyangkut bahasa dan budaya negara jepang dan korea serta keterampilan teknis sesuai yang diminati selama 4 sampai dengan 6 bulan yang akan dilaksanakan oleh lembaga pelatihan kerja (LPK) yang ditunjuk.

“Saya mengharapkan agar peluang kerja di luar negeri ini dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja muda untuk bekerja di luar negeri demi meningkatkan perekonomian serta dapat menurunkan angka pengangguran di kota tomohon tercinta ini,” kata Wali Kota.

Wali Kota berharap Kepada dinas tenaga kerja kota tomohon agar dapat lebih proaktif untuk menyampaikan peluang kerja kepada masyarakat penganggur di kota tomohon terutama peluang kerja di luar negeri.

Selanjutnya, dilaksanakan
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon yang diwakili oleh Kadisnaker dengan Pihak JGEC yang diwakili Pimpinan JGEC tentang kerjasama penyiapan penempatan calon pekerja migran Indonesia ke Jepang melalui jalur SSW.

Dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon Sjerly Bororong, SP., MMsip., Pimpinan Jayadi Global Education Center (JGEC) Ibu Desie Triaryani, Pimpinan JGEC Cabang Manado Ibu Fourlen Mintje, Pimpinan LPK Ganbate Ibu Margareta Kaunang, Pimpinan LPK Kawanua Korea Michael Sigarlaki, serta Para Peserta Calon Pekerja Migran Indonesia Tahun 2021. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s